Tingkatkan Partisipasi Pemilih, Camat Bukitraya Gencarkan Sosialisasi Pilkada

24 Oktober 2024
Camat Bukit Raya Tengku Ardi Dwisasti saat sosialisasi Pilkada. Foto: Istimewa.

Camat Bukit Raya Tengku Ardi Dwisasti saat sosialisasi Pilkada. Foto: Istimewa.

RIAU1.COM -Pemerintahan Kecamatan (Pemcam) Bukitraya aktif menggelar sosialisasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak ke tengah-tengah masyarakat. Sosialisasi ini merupakan upaya Pemcam Bukitraya untuk menyukseskan dan meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pilkada.

"Sejak dimulainya tahapan Pilkada, kami sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat dengan tema bagaimana menyukseskan dan meningkatkan partisipasi pemilih di pilkada 2024," kata Camat Bukitraya Tengku Ardi Dwisasti, Rabu (23/10/2024).

Sosialisasi Pilkada ini melibatkan berbagai pihak, seperti Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu), Koramil, Polsek Bukitraya, serta kelurahan dan RT-RW setempat. Pemcam Bukitraya fokus untuk meningkatkan partisipasi pemilih dan menyukseskan pilkada 2024. 

"Kami tidak membahas pasangan calon (paslon). Fokus kami adalah bagaimana meningkatkan partisipasi pemilih saja, agar pilkada berjalan lancar dan tidak ada pilkada ulang. Karena jika ada pilkada ulang, tentunya membutuhkan anggaran lagi yang cukup besar," jelas Tengku Ardi.

Dari sosialisasi yang digelar, berbagai informasi dari masyarakat terkait rendahnya partisipasi pemilih dalam Pilkada sebelumnya juga didapatkan. Alasan partisipasi rendah antara lain karena banyak yang bekerja dan jumlah pemilih di TPS yang banyak.

"Sehingga, masyarakat malas menunggu lama, serta jarak tempat tinggal yang jauh dari lokasi TPS. Misalnya, ada warga RW 11 yang terdaftar di RW 12. Meskipun secara urutan berdekatan, namun jaraknya cukup jauh," ungkap Tengku Ardi.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Pemcam Bukit Raya berkoordinasi dengan Forkopimcam, PPK, dan Panwaslu setempat. Diharapkan masyarakat bisa terdaftar di TPS yang terdekat dengan tempat tinggal mereka. 

"Sekarang kami menunggu jawaban dari PPK mengenai tindak lanjutnya. Intinya, kami berupaya mencarikan solusi agar partisipasi pemilih di pilkada tahun ini bisa meningkat. Itulah berbagai upaya kami untuk menyukseskan pilkada 2024," tutup Tengku Ardi.

Dengan berbagai langkah yang telah diambil, Pemcam Bukit Raya berharap dapat meningkatkan partisipasi pemilih. Hal ini guna memastikan Pilkada berlangsung sukses dan lancar.