Tim Wantannas Gali Data dan Informasi terkait Persiapan Pemilu 2024 di Pekanbaru

Tim Wantannas Gali Data dan Informasi terkait Persiapan Pemilu 2024 di Pekanbaru

8 Mei 2023
Tim Wantannas saat mendengarkan pemaparan Kodim, Polresta, dan Pemko Pekanbaru terkait persiapan Pemilu 2024, Senin (8/5/2023). Foto: Surya/Riau1.

Tim Wantannas saat mendengarkan pemaparan Kodim, Polresta, dan Pemko Pekanbaru terkait persiapan Pemilu 2024, Senin (8/5/2023). Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Tim Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas) menggali data dan informasi terkait penyelenggaraan Pemilu 2024. Pasalnya, konstelasi politik diprediksi akan tinggi. 

"Tim Wantannas berkunjung ke Pekanbaru. Mereka ingin mendapatkan data dan informasi dari setiap pemangku kebijakan terkait penyelenggaraan Pemilu 2024," kata Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Kota (Setdako) Pekanbaru Masykur Tarmizi usai pertemuan di Aula Bunga Kiambang, Senin (8/5/2023). 

Tahapan Pemilu 2024 sudah dimulai pada 14 Juni 2022. Kapolresta dan Dandim Pekanbaru memaparkan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) jelang Pemilu 2024

"Mereka menyampaikan ke tim Wantannas bahwa kondisi Pekanbaru cukup kondusif dan aman. Namun, tidak tertutup kemungkinan potensi atau peluang-peluang gangguan keamanan," ucap Masykur. 

Karena diprediksi, konstelasi politik cukup tinggi. Masing-masing kandidat calon presiden maupun calon kepala daerah dipastikan memobilisasi massa. 

"Ini yang harus diantisipasi. Kapolresta menyampaikan bahwa TNI dan Polri siap mengamankan Pilpres dan Pilkada," ungkap Masykur. 

Sementara itu, Pemko Pekanbaru menyatakan siap mendukung menyukseskan penyelenggaraan Pemilu 2024. Dukungan itu diberikan dalam bentuk menyediakan anggaran bagi Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Pekanbaru. 

Anggaran telah disediakan untuk tahun 2024. Agar, penyelenggaran Pemilu bisa berjalan dengan baik. 

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) juga sudah mulai melakukan sosialisasi politik kepada pemilih pemula. Agar, pemilih pemula ini mau menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2024

"Badan Kesbangpol juga menyiapkan konten-konten atau pun materi visual cukup kreatif. Tujuannya, merangsang pemilih pemula menggunakan hak suaranya," jelas Masykur.