Tak Disiplin, Direktur RSD Madani Pekanbaru Dokter Naldo Diperiksa

Tak Disiplin, Direktur RSD Madani Pekanbaru Dokter Naldo Diperiksa

18 September 2024
Pj Wali Kota Pekanbaru Risnandar Mahiwa. Foto: Surya/Riau1.

Pj Wali Kota Pekanbaru Risnandar Mahiwa. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Direktur Rumah Sakit Daerah (RSD) Madani Dokter Arnaldo Eka Putra diperiksa oleh beberapa tim. Dokter Naldo, sapaan akrabnya, dinilai tak disiplin dan jarang hadir di kegiatan-kegiatan Pemko Pekanbaru.

Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Risnandar Mahiwa usai peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Agung Al Firdaus, Kompleks Perkantoran Tenayan Raya, Rabu (18/9/2024), menyampaikan pesan tegas terkait disiplin dan akuntabilitas Aparatur Sipil Negara (ASN). Disiplin dan akuntabilitas ASN tengah diperiksa. 

"Tim dari Setda dan tim lainnya sedang mengecek absensi dan kinerja para ASN. Saya kemarin bukan hanya mengecek kepala rumah sakit, tetapi juga beberapa ASN lainnya," katanya.

ASN Pemko Pekambaru harus disiplin dalam menjalankan kegiatan. Jika ada yang tidak dapat hadir, seharusnya berkomunikasi ke pimpinan. 

Pasalnya, ada aturan yang melekat pada ASN. Jika tidak masuk selama enam hari berturut-turut, ASN dan staf bisa diberhentikan berdasarkan absensi yang ada. 

"Saya mohon bantuan untuk menegakkan disiplin. Saya tidak punya kepentingan apapun di sini. Namun, saya harus melaksanakan tugas secara profesional," tegas Risnandar.

Pemeriksaan Dokter Naldo dan ASN lainnya dilakukan untuk memastikan tidak ada tindakan indisipliner. Pemeriksaan ini tidak ada dilatarbelakangi oleh kepentingan politik. Ia hanya meluruskan aturan yang berlaku. 

"Kami sedang mengecek absensinya. Saya lihat kurang aktif. Apakah beliau menerima kehadiran saya atau menolak saya," ucap Risnandar.

Risnandar mencontohkan dirinya yang selalu izin kepada sekretaris daerah (sekda) dan kepala OPD bahkan Forkopimda jika akan bepergian keluar kota. Diharapkan, komunikasi yang baik ini dapat diterapkan oleh seluruh ASN dan OPD.

"Mari kita berkoordinasi dan saling menghormati. Komunikasi yang baik adalah bagian dari penghormatan satu sama lain," tutup Risnandar.

Pemeriksaan terhadap absensi dan kinerja ASN akan terus dilakukan Hal ini untuk memastikan efektivitas dan profesionalitas dalam pelayanan publik di Pemko Pekanbaru.