SPAM Rumbai dan Tenayan Raya Masih Dibahas Pemko Pekanbaru

12 Agustus 2024
Asisten II Setdako Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut. Foto: Surya/Riau1.

Asisten II Setdako Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Rumbai dan Tenayan Raya akan dibangun Pemko Pekanbaru. Namun, rencana pembangunan SPAM ini masih sebatas pembicaraan awal.

"Pemko ada rencana membangun jaringan pipa air bersih dengan sistem Kerja sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) untuk wilayah Rumbai dan Tenayan Raya. KPBU ini sedang dilakukan pembicaraan awal," kata Asisten II Bidang Pembangunan dan Perekonomian Sekretariat Daerah Kota (Setdako) Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut di Kantor Dinas Kesehatan (Dinkes), Kompleks Perkantoran Tenayan Raya, Senin (12/8/2024).

Dengan adanya dua KPBU SPAM ini, maka seluruh wilayah Pekanbaru bisa terakses dengan air perpipaan. Hari ini, Pekanbaru mengalami kondisi yang kurang baik dalam hal penataan pengambilan air tanah. 

"Pengambilan air tanah menyebabkan dampak terhadap lingkungan," ucap Ingot.

Diberitakan sebelumnya, PDAM Tirta Siak sedang membangun dua proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) dan dua lainnya dalam proses akan dibangun. Empat proyek SPAM ini guna memenuhi pasokan air bersih bagi warga di 15 kecamatan. 

"Kami memiliki empat SPAM yakni SPAM Pekanbaru, SPAM Pekanbaru-Kampar, SPAM Rumbai, dan SPAM Tenayan Raya-Kulim. Progresnya beda-beda," kata Direktur PDAM Tirta Siak Agung Anugrah, Selasa (15/3/2022). 

Proyek SPAM Pekanbaru dan Pekanbaru-Kampar sudah masuk ke tahap konstruksi. Proyek SPAM Pekanbaru-Kampar dimulai pada September 2021.

Sedangkan proyek SPAM Pekanbaru dimulai pada Juni 2021. Proyek SPAM Rumbai sudah ada investor yang siap berinvestasi. 

"Investor sedang melakukan studi kelayakan saat ini," ungkap Agung. 

Proyek SPAM Tenayan Raya-Kulim juga sudah ada calon investor. Jadi, dua proyek ini belum mulai konstruksi. 

"Dengan adanya empat proyek SPAM ini, kebutuhan air bersih bagi warga di 15 kecamatan akan terpenuhi," harap Agung.