RSD Madani Pekanbaru Sediakan Mobil Gratis untuk Pasien Rujukan

17 Oktober 2024
Sekretaris Dinkes Pekanbaru Dokter Fira Septiyanti. Foto: Surya/Riau1.

Sekretaris Dinkes Pekanbaru Dokter Fira Septiyanti. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Rumah Sakit Daerah (RSD) Madani Pekanbaru menyediakan dua unit mobil gratis untuk mengantar dan menjemput pasien rujukan dari puskesmas. Layanan ini diberikan tanpa biaya bagi masyarakat.

Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pekanbaru Dokter Fira Septiyani, Kamis (17/10/2024), mengatakan, pengoperasian mobil rujukan ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, terutama bagi warga yang kesulitan dalam hal transportasi. Mobil ini dioperasikan untuk menjemput pasien yang dirujuk oleh puskesmas ke RSD Madani.

"Karena, lokasi rumah sakit belum banyak dilalui oleh transportasi umum," ujarnya.

Layanan ini sedang diuji coba untuk Puskesmas Simpang Tiga, Puskesmas Garuda, Puskesmas Payung Sekaki, Puskesmas Sidomulyo Rawat Inap, Puskesmas Sidomulyo Rawat Jalan, dan Puskesmas Simpang Baru. Mobil-mobil ini terus bergerak dan transitnya di enam Puskesmas ini. 

"Mobil ini beroperasi setiap hari," jelas Dokter Fira.

Mobil antar jemput ini diperuntukkan bagi pasien rujukan biasa, bukan untuk pasien gawat darurat. Kalau pasien gawat darurat, ada mobil ambulans. 

"Jadi mobil ini adalah untuk semua pasien rujukan yang perlu alat transportasi ke RSD Madani. Setelah berobat di RSD Madani, nanti bisa kami antar lagi," tambah Dokter Fira.

Dengan adanya layanan antar jemput ini diharapkan semakin banyak pasien rujukan yang bersedia ke RSD Madani. Hal ini untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. 

"Uji coba sudah berjalan seminggu. Kemudian beberapa waktu nanti, kita evaluasi. Kalau jumlah pengguna semakin bertambah, maka akan kita tambah lagi unit mobil dan jangkauan puskesmasnya," pungkas Dokter Fira.

Langkah ini diharapkan dapat mempermudah akses masyarakat ke layanan kesehatan yang lebih baik. Mobil rujukan ini  guba memastikan bahwa semua pasien mendapatkan perawatan yang dibutuhkan tepat waktu.