Ribuan ASN Pemko Pekanbaru Turun ke Jalan dalam Aksi Gotong Royong Besar-besaran

8 Agustus 2024
ASN Pemko Pekanbaru saat membersihkan drainase di Jalan Soekarno-Hatta, Rabu (8/8/2024). Foto: Istimewa.

ASN Pemko Pekanbaru saat membersihkan drainase di Jalan Soekarno-Hatta, Rabu (8/8/2024). Foto: Istimewa.

RIAU1.COM -Ribuan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemko Pekanbaru melaksanakan aksi gotong royong besar-besaran pada Kamis (8/8/2024) pagi. Aksi yang berfokus pada kebersihan sepanjang ruas Jalan Soekarno-Hatta, dari persimpangan Jalan Arifin Ahmad hingga menuju Mal SKA, ini digelar dalam rangka memeriahkan HUT ke-67 Provinsi Riau dan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI).

Kegiatan gotong royong ini bukan hanya sekadar rutinitas mingguan. Tetapi, gotong royong ini juga sebuah gerakan untuk menumbuhkan rasa kepedulian terhadap lingkungan dan semangat kebersamaan di antara ASN dalam menjaga sarana dan prasarana publik.

"Ini adalah bagian dari upaya kami untuk meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan dan menumbuhkan semangat gotong royong di kalangan ASN. Lebih dari itu, kegiatan ini juga dalam rangka menyambut Hari Jadi Provinsi Riau dan HUT Kemerdekaan," kata Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfotiksan) Kota Pekanbaru Raja Hendra Saputra.

Sebelumnya, Pemko Pekanbaru melalui surat edaran pada 7 Agustus telah menginstruksikan seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk mengajak seluruh ASN mengikuti kegiatan ini. ASN yang dikerahkan dalam gotong royong ini mencapai 70 persen dari total pegawai di masing-masing OPD. Sementara, 30 persen ASN lainnya tetap berada di kantor untuk memastikan pelayanan publik tetap berjalan lancar.

Selain ASN, aksi gotong royong ini juga melibatkan tenaga harian lepas (THL) yang bekerja bahu-membahu membersihkan rumput liar, sampah, dan saluran drainase. Dinas PUPR, Dinas Perkim, dan DLHK diberi tanggung jawab untuk memfasilitasi kebutuhan sarana di setiap titik gotong royong. Sedangkan BKPSDM dan Inspektorat bertugas memantau dan memastikan partisipasi aktif para ASN.