Realisasi Santunan Kematian Dinsos Pekanbaru Capai 763 Orang

Realisasi Santunan Kematian Dinsos Pekanbaru Capai 763 Orang

2 September 2024
Kepala Dinsos Pekanbaru Idrus. Foto: Surya/Riau1.

Kepala Dinsos Pekanbaru Idrus. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Realisasi pemberian santunan kematian mencapai angka yang signifikan. Hingga awal September, Dinas Sosial (Dinsos) Kota Pekanbaru telah menyalurkan santunan kepada 763 orang.

"Realisasi santunan kematian tahun ini luar biasa, sudah mencapai 763 orang. Ini jauh lebih tinggi dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu," kata Kepala Dinsos Pekanbaru Idrus usai menghadiri Rapat Paripurna di Gedung DPRD, Senin (2/9/2024).

Jumlah penerima santunan kemarin diperkirakan bisa mendekati angka 1.000 orang. Padahal, penyaluran santunan kematian baru mencapai bulan September.

"Untuk tahun depan, kami memastikan bahwa anggaran santunan kematian telah disiapkan," ungkap Idrus.

Meskipun penganggaran verifikasi dilakukan oleh Dinsos, namun alokasi bantuan tetap berada di bawah Belanja Tidak Terduga (BTT) yang dianggarkan melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD). Dinsos telah menganggarkan jumlah santunan tetap 1.000 orang untuk tahun depan.

"Ini berdasarkan rata-rata angka kematian di Pekanbaru yang sekitar 1.600 orang per tahun, dengan prioritas diberikan kepada warga kurang mampu. Kami prediksi jumlah penerima tidak akan melebihi 1.000 orang. Sehingga, anggaran sebesar Rp1 miliar masih cukup memadai," jelas Idrus.