Puskesmas Tenayan Raya Raih Penghargaan Terbaik dari Kemenkes

21 Oktober 2024
Kepala Puskesmas Nel Afni dalam acara Pemberian Penghargaan Puskesmas dan Peluncuran Pedoman Kerja Puskesmas di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, pada 18 Oktober 2024. Foto: Istimewa.

Kepala Puskesmas Nel Afni dalam acara Pemberian Penghargaan Puskesmas dan Peluncuran Pedoman Kerja Puskesmas di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, pada 18 Oktober 2024. Foto: Istimewa.

RIAU1.COM -Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Rawat Inap Tenayan Raya meraih penghargaan sebagai Puskesmas Terbaik 1 kategori Perkotaan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Puskesmas Tenayan Raya beroperasi di wilayah Kecamatan Kulim, Kota Pekanbaru.

Penghargaan bergengsi ini diterima langsung oleh Kepala Puskesmas Nel Afni dalam acara Pemberian Penghargaan Puskesmas dan Peluncuran Pedoman Kerja Puskesmas di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, pada 18 Oktober 2024. Nel Afni mengungkapkan rasa syukurnya atas penghargaan yang diterima dari Kemenkes RI. 

"Meskipun dinobatkan sebagai Puskesmas Terbaik 1 kategori Perkotaan di Indonesia, kami merasa masih banyak yang perlu diperbaiki dalam pelayanan kepada masyarakat, khususnya di Kecamatan Kulim. Namun, penghargaan ini akan menjadi motivasi bagi kami untuk terus memberikan yang terbaik," kata Nel Afni, Senin (21/10/2024).

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Penjabat Wali Kota Pekanbaru Risnandar Mahiwa, kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), beserta jajarannya, serta kepala Dinkes Provinsi Riau dan jajarannya yang telah mendukung inovasi DIPIKAT MAS TENAR. Sehingga, Puskesmas Tenayan Raya bisa mencapai titik ini.

Penilaian untuk penghargaan ini dilakukan untuk menilai sejauh mana integrasi layanan primer sudah dilaksanakan di setiap Puskesmas, termasuk hingga ke Pustu dan Posyandu. Puskesmas dituntut untuk memiliki inovasi-inovasi yang bisa langsung menyentuh pelayanan kepada masyarakat.

"Inovasi dari Puskesmas Tenayan Raya ini dikenal dengan nama DIPIKAT MAS TENAR," ujar Nel Afni.