Puncak Musim Hujan di Akhir Tahun, BPBD Pekanbaru Pantau Luapan Sungai Sail

Puncak Musim Hujan di Akhir Tahun, BPBD Pekanbaru Pantau Luapan Sungai Sail

21 November 2022
Kepala BPBD Pekanbaru Zarman Candra. Foto: Surya/Riau1.

Kepala BPBD Pekanbaru Zarman Candra. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Puncak musim hujan terjadi di akhir tahun ini di Pekanbaru. Sehingga, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru terus memantau luapan sungai Sail yang mengarah ke permukiman warga.

"Pada siang hari, cuaca cukup panas. Sedangkan di malam hari, cuaca hujan. Maka, potensi-potensi bencana bisa saja terjadi," kata Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pekanbaru Zarman Candra usai apel gelar pasukan siaga bencana di halaman Mal Pelayanan Publik (MPP), Senin (21/11/2022). 

BPBD selalu memantau informasi kebencanaan melalui Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Disampaikan BMKG bahwa intensitas hujan cukup tinggi pada bulan November dan Desember.

"Maka, kami perlu melakukan langkah-langkah kesiapsiagaan," ucap Zarman. 

Sebelumnya, penjabat (Pj) wali kota sudah melakukan upaya-upaya mitigasi bencana alam. Pada 6 Juni 2022 lalu, Pj wali kota sudah mencanangkan Pekanbaru Bersih. 

"Pj Wali kota juga sudah melakukan upaya-upaya penanganan banjir seperti normalisasi sungai dan drainase dengan melibatkan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR). Sehingga sebelum memasuki musim hujan seperti bulan ini, Pemko telah melakukan langkah-langkah antisipasi di 15 kecamatan," sebut Zarman. 

Meski begitu, BPBD tetap mewaspadai sungai Sail. Karena banjir sempat terjadi beberapa kali di permukiman warga di bantaran sungai Sail akibat pasang sungai Siak. 

"Yang menjadi atensi kami adalah sungai Sail. Seperti beberapa waktu lalu, pasang air laut di sungai Siak menyebabkan perumahan di pinggiran sungai Sail mengalami banjir. Ini yang kami antisipasi," tutur Zarman.