PPDB SD Negeri di Sukajadi Pekanbaru Banyak Lengang

PPDB SD Negeri di Sukajadi Pekanbaru Banyak Lengang

4 Juli 2024
Kepala Disdik Pekanbaru Abdul Jamal. Foto: Surya/Riau1.

Kepala Disdik Pekanbaru Abdul Jamal. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) SD negeri masih banyak yang belum memenuhi kuota. Rata-rata, kuota SD negeri hanya terisi 75 persen di Kecamatan Sukajadi.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru Abdul Jamal, Kamis (4/7/2024).

"Agar kuota yang tersedia bisa terisi, saya akan mengambil kebijakan dengan mengakomodir calon peserta didik tempatan yang tidak diterima saat pendaftaran secara online," katanya.

Bagi calon peserta didik SD negeri yang kurang mampu atau ada persoalan dengan administrasi kependudukan dimimbau segera ke sekolah tujuan bersama orang tua. Calon peserta didik bisa diterima selagi masih ada kuota.

"Sistem perankingan di PPDB SD negeri tidak sama dengan SMP negeri. PPDB SMP negeri hanya ditentukan melalui jarak rumah dengan sekolah tujuan," ucap Jamal.

Penerimaan peserta didik baru SD negeri berpatokan pada umur 5,5 tahun. Sedangkan syarat enerimaan calon peserta didik SMP negeri adalah jarak rumah terdekat ke sekolah.

Sebagai informasi, PPDB SD negeri ditutup Kamis tengah malam ini. Total pendaftar di tiga jalur penerimaan di antaranya jalur zonasi, afirmasi dan perpindahan orangtua sudah mencapai 9.176 orang pada Kamis siang.