Pj Wali Kota Pekanbaru Tinjau Lima Lokasi Budi Daya

Pj Wali Kota Pekanbaru Tinjau Lima Lokasi Budi Daya

19 Agustus 2024
Pj Wali Kota Pekanbaru Risnandar Mahiwa. Foto: Surya/Riau1.

Pj Wali Kota Pekanbaru Risnandar Mahiwa. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Dinas Ketahanan Pangan (Disketapang) Kota Pekanbaru membina kelompok tani untuk ketahanan pangan. Kelompok-kelompok tani ini membudidayakan ayam, ikan, dan berbagai jenis sayuran.

"Dari pagi, saya sudah mengunjungi pembudi daya baik peternakan maupun sayur-sayuran. Pada prinsipnya, saya untuk memetakkan persiapan dalam hal ketahanan pangan," kata Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Risnandar Mahiwa di area perkebunan Kelompok Tani Mustang yang dikelola Lanud Roesmin Nurjadin, Senin (19/8/2024).

Setelah meninjau lokasi budi daya, hasi peternakan dan sayuran cukup memungkinkan dalam memenuhi kebutuhan warga Pekanbaru. Apalagi, pemko akan melaksanakan program presiden terpilih yaitu makan bergizi gratis.

"Saya mengecek keseluruhan antara jumlah anak sekolah dengan jumlah hasil pertanian daripada kelompok-kelompok tani. Apabila ada yang kurang, kami akan meminta tambahan bahan pokok ke kabupaten atau provinsi lainnya," ucap Risnandar.

Namun, pemko tetap memprioritaskan budi daya lokal. Kelompok tani Pekanbaru diharapkan dapat menyukseskan program makan siang gratis.

Pemko juga dibantu Lanud Roesmin Nurjadin dan beberapa kelompok tani. Hal ini bagian dari sinergitas yang baik.

Untuk diketahui, Risnandar berkunjung Kelompok Binaan Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Pekanbaru. Kelompok binaan itu melakukan budi daya ayam petelor dan sapi di Jalan Parang, Kecamatan Rumbai Barat. 

Budi daya perikanan di Jalan Amal, Kecamatan Rumbai. Budi daya padi gogo di Jalan Beringin, Kecamatan Binawidya. 

Budi daya cabai hortikultura di Jalan Naga Sakti, Kecamatan Binawidya. Budi daya sayur mayur di Jalan Adi Sucipto, Landu Roesmin Nurjadin, Kecamatan Marpoyan Damai.