Pj Wali Kota Pekanbaru Redam Bentrok Pedagang Kuliner Malam Jalan Cut Nyak Dien

15 Oktober 2024
Pj Wali Kota Pekanbaru Risnandar Mahiwa berdialog dengan pedagang kuliner malam Jalan Cut Nyak Dien, Senin (14/10/2024) malam. Foto: Istimewa.

Pj Wali Kota Pekanbaru Risnandar Mahiwa berdialog dengan pedagang kuliner malam Jalan Cut Nyak Dien, Senin (14/10/2024) malam. Foto: Istimewa.

RIAU1.COM -Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Risnandar Mahiwa segera turun tangan mengatasi bentrok antar pedagang di kawasan kuliner malam Jalan Cut Nyak Dien pada Senin (14/10/2024). Ia berupaya menenangkan situasi dengan mengajak para pedagang berdialog.

Risnandar meminta agar para pedagang tidak mudah terprovokasi oleh informasi yang dapat memicu gesekan. Padahal,  pengelolaan lokasi kuliner Jalan Cut Nyak Dien sepenuhnya di bawah kendali Pemko Pekanbaru saat ini.

"Tidak ada lagi yang mengatasnamakan 'ini punya saya' atau 'itu punya saya'. Jangan dengarkan isu-isu yang tidak jelas. Karena, penataan kuliner malam ini dilakukan untuk kebaikan bersama," tegasnya.

Risnandar juga mengucapkan terima kasih kepada para pedagang yang telah bekerja sama dengan pemko dalam proses penataan tersebut. Para pedagang mau bersabar saat proses penataan kawasan kuliner malam Jalan Cut Nyak Dien.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Pekanbaru Zulhelmi Arifin menyayangkan kericuhan yang terjadi. Menurutnya, hal ini disebabkan oleh oknum yang mengatasnamakan forum pedagang dan mencoba menata ulang area tersebut.

"Kami sudah menata pedagang kuliner ini. Jangan diubah-ubah lagi," tegasnya.

Untuk meredakan situasi, Pj wali kota langsung turun ke lokasi dan menyampaikan bahwa pengelolaan kuliner malam Jalan Cut Nyak Dien sepenuhnya dipegang oleh Pemko Pekanbaru. Pemko telah membentuk tim penataan," ujarnya.

Setelah pertemuan dengan Pj wali kota, situasi di kawasan kuliner malam Jalan Cut Nyak Dien kembali kondusif. Para pedagang yang sempat bentrok sudah kembali berjualan seperti biasa.

"Kondisi sudah aman dan kondusif," tutup Ami.