Pj Wali Kota Pekanbaru Perintahkan DLHK Bekerja Profesional

Pj Wali Kota Pekanbaru Perintahkan DLHK Bekerja Profesional

20 September 2024
Pj Wali Kota Pekanbaru Risnandar Mahiwa. Foto: Surya/Riau1.

Pj Wali Kota Pekanbaru Risnandar Mahiwa. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Pemko Pekanbaru tengah membenahi internal Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK). Pembenahan itu mulai dari profesionalitas pegawai hingga penerapan pembayaran retribusi sampah secara online.

"Kami telah melakukan perbaikan terkait jadwal pengangkutan sampah dan menyiapkan tempat pengangkutan yang sesuai dengan titik-titik yang telah ditetapkan. Hal ini untuk memastikan pengangkutan sampah berjalan lancar," kata Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Risnandar Mahiwa, Jumat (20/9/2024).

Pemko juga menyoroti pentingnya profesionalisme dalam penanganan sampah, terutama di DLHK. Pemko sedang menyusun rencana untuk membentuk Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) guna menangani sampah secara lebih efektif. 

"Saya menghimbau teman-teman di DLHK untuk bekerja secara profesional dan sesuai ketentuan yang ada," ujarnya.

Untuk mempermudah pembayaran jasa pengangkutan sampah, Risnandar mengajak masyarakat untuk membayar secara online. Pemko telah mengeluarkan surat pemberitahuan kepada seluruh masyarakat untuk membayar sampah secara online, tanpa perantara.

Risnandar juga menekankan pentingnya integritas di internal DLHK. Petugas DLHK jangan ada yang bermain mata dalam menjalankan tugasnya. 

"Saya sudah meminta Kapolresta untuk memastikan pemerintah berada di depan dalam menangani masalah ini, tanpa tekanan dari pihak manapun. Negara harus hadir dan kita tidak perlu takut dengan intimidasi dari kelompok tertentu," tegasnya.

Dalam kejadian baru-baru ini, Risnandar mengapresiasi tindakan tegas Kapolresta yang telah melakukan penangkapan terkait kasus intimidasi dalam penanganan sampah. Hal ini menunjukkan bahwa proses hukum berjalan.

"Kami berkomitmen untuk menyelesaikan masalah sampah dengan baik," pungkasnya.