Pj Wali Kota Pekanbaru Imbau Kandidat Wali Kota Bersatu Usai Pilkada

21 Oktober 2024
Pj Wali Kota Pekanbaru Risnandar Mahiwa. Foto: Surya/Riau1.

Pj Wali Kota Pekanbaru Risnandar Mahiwa. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Kandidat wali kota hanya bertugas sampai tanggal 27 November 2024. Setelah itu, para mantan kandidat wali kota harus bersatu kembali. 

Hal ini dikatakan Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Risnandar Mahiwa usai memimpi apel di lapangan Gedung Utama Kompleks Perkantoran Tenayan Raya, Senin (21/10/2024).

"Saya mengajak semua pihak untuk lebih fokus pada pelayanan masyarakat, terlepas dari dinamika politik nasional yang terjadi. Saya mengapresiasi sikap kenegarawanan Presiden Prabowo Subianto, serta para kandidat lain yang turut serta dalam kontestasi politik," ujarnya.

Politik nasional sangat dinamis. Sikap kenegarawanan ditunjukkan oleh para mantan kandidat presiden lainnya baik yang hadir maupun tidak hadir saat pelantikan Prabowo sebagai Presiden RI.

Risnandar juga menekankan pentingnya memfokuskan politik lokal pada pelayanan kepada masyarakat. Hadirnya mantan kandidat presiden Anies Baswedan mencerminkan situasi politik nasional. 

"Kita perlu membawa semangat ini ke politik lokal. Sehingga, masyarakat dapat melihat bahwa yang paling penting adalah pelayanan kepada mereka, bukan kepada kandidat wali kota," ucap Risnandar.

Tujuan dari proses demokrasi adalah pelayanan kepada masyarakat, bukan untuk memecah belah persatuan. Substansi dari demokrasi adalah pelayanan kepada masyarakat, bukan memicu perpecahan. 

"Pelayanan kepada masyarakat harus diutamakan di atas segalanya," tegas Risnandar.