Pj Wali Kota Pekanbaru Fokus Siapkan APBD 2025 Sesuai Arahan Presiden Terpilih

Pj Wali Kota Pekanbaru Fokus Siapkan APBD 2025 Sesuai Arahan Presiden Terpilih

2 September 2024
Pj Wali Kota Pekanbaru Risnandar Mahiwa. Foto: Surya/Riau1.

Pj Wali Kota Pekanbaru Risnandar Mahiwa. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Pemko Pekanbaru mengajukan APBD 2025 kepada DPRD untuk disahkan. APBD 2025 disesuaikan dengan skala prioritas dan arahan dari presiden terpilih.

Hal ini disampaikan Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Risnandar Mahiwa usai Rapat Paripura di DPRD, Senin (2/9/2024).

"Saya sebagai Pj wali kota berkomitmen untuk memastikan bahwa program-program mandatori dan kebijakan yang diamanatkan oleh pemerintah pusat dan presiden terpilih akan dijalankan dengan baik pada tahun 2025. Sebagai contoh, program makan sehat dan berbagai inisiatif lainnya sudah kami persiapkan. Karena program ini akan tetap dilanjutkan," ujarnya.

Sedangkan program-program internal Pemko Pekanbaru, ia akan menunggu arahan dari kepala daerah terpilih. Saat ini, ia hanya ingin memastikan tersedianya fiskal yang memadai bagi kepala daerah terpilih untuk melanjutkan program-program tersebut. 

"Oleh karena itu, mulai besok, saya akan mengunjungi seluruh calon kepala daerah. Jadwal telah disusun. Saya akan berdiskusi dengan lima calon wali kot dari pagi hingga petang," ungkap Risnandar.

Kunjungan ini bertujuan agar kepala daerah terpilih dapat memahami hal-hal yang harus dilaksanakan pada tahun 2025. Pemko hanya menyiapkan dokumen dan anggaran. 

"Sebagai Pj wali kota, saya harus memahami bahwa APBD 2025 nantinya akan dilaksanakan oleh kepala daerah terpilih. Saya bersama Sekretaris Daerah (Sekda) selaku Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) hanya bertugas menyiapkan anggaran tersebut," jelasnya.

Risnandar juga mengapresiasi kerja keras TAPD yang berhasil meningkatkan anggaran tahun 2025. Namun, peningkatan anggaran ini baru langkah awal dan akan terus dipelajari lebih lanjut untuk memastikan bahwa anggaran tersebut dapat mendukung seluruh program prioritas dengan optimal.