Pj Wali Kota Harap Pilkada Pekanbaru Tanpa Sengketa

19 Oktober 2024
Pj Wali Kota Pekanbaru Risnandar Mahiwa. Foto: Istimewa.

Pj Wali Kota Pekanbaru Risnandar Mahiwa. Foto: Istimewa.

RIAU1.COM -Seluruh warga Pekanbaru diimbau untuk berpartisipasi aktif pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang akan digelar pada 27 November 2024. Agar, proses demokrasi ini dapat berlangsung dengan baik dan diterima oleh semua pihak.

Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru, Risnandar Mahiwa, Sabtu (19/10/2024), mengingatkan pentingnya mengambil pelajaran dari Pilkada 2017. Saat itu, gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) setelah pengumuman hasil pemilihan tidak ada.

"Meskipun hak konstitusi untuk mengajukan gugatan tetap terbuka, harapan saya, di Pekanbaru, kita dapat mengikuti jejak Pilkada 2017. Jika pada 16 Desember nanti, hasilnya diumumkan, semua pihak sudah bisa menerima," harapnya.

Risnandar juga menekankan pentingnya akuntabilitas penyelenggara Pilkada. Penyelenggaraan Pilkada yang akuntabel akan meningkatkan kepercayaan masyarakat. 

"Jika pemenang diumumkan pada 16 Desember tanpa ada gugatan, pelantikan bisa dilakukan pada 10 Februari. Sehingga, pemerintahan dapat berjalan dengan lancar," tambahnya.

Jika ada gugatan, maka akan membutuhkan biaya tambahan. Seharusnya, anggaran itu bisa dialokasikan untuk pembangunan dan pelayanan masyarakat. Oleh karena itu, ia mengajak semua pihak untuk mengawal Pilkada ini dengan baik. 

"Mari kita kawal Pilkada ini sesuai dengan tugas masing-masing komponen dan masyarakat, supaya berakhir pada 16 Desember tanpa ada gugatan. Namun, jika pun ada gugatan, kita harus kawal karena itu merupakan hak demokrasi yang diberikan oleh negara," tegasnya.

Dalam hal persiapan, Risnandar menyatakan bahwa pengalaman dari Pilkada sebelumnya menjadi bekal penting. Pekanbaru sudah berpengalaman melaksanakan Pilkada secara langsung sejak 2004. 

Tentunya, penyelenggara Pilkada sudah terbiasa dengan proses ini. Meskipun, Pilkada kali ini akan dilakukan serentak di seluruh Indonesia.

Risnandar juga menggarisbawahi pentingnya stabilitas politik yang kondusif selama proses Pilkada. Jika ada hal teknis, hal itu harus segera dibicarakan dan diselesaikan. 

"Sampai saat ini, laporan netralitas masih baik. Saya berharap ASN tetap berpegang pada aturan yang ada," tuturnya.

Dengan demikian, Risnandar berharap seluruh warga Pekanbaru dapat menyalurkan hak pilihnya dengan baik. Warga juga diimbau berpartisipasi aktif dalam mengawal proses demokrasi ini. 

"Saya ucapkan terima kasih atas kerja samanya. Mari kita sukseskan Pilkada ini," pungkasnya.