Pinjam Uang Pemko Pekanbaru, Warga Sukajadi Utang Rp185.638.222

Pinjam Uang Pemko Pekanbaru, Warga Sukajadi Utang Rp185.638.222

20 Januari 2024
Kepala DP3APM Pekanbaru Chairani. Foto: Istimewa.

Kepala DP3APM Pekanbaru Chairani. Foto: Istimewa.

RIAU1.COM -Pemko Pekanbaru memiliki program Usaha Ekonomi Kelurahan Simpan Pinjam (UEK-SP) sejak 2015 lalu. Kenyataannya, banyak warga yang tak mampu mengembalikan uang pinjaman tersebut, salah satunya di Kecamatan Sukajadi.

Camat Sukajadi Desheriyanto, Sabtu (20/1/2024), mengimbau pemanfaat UEK-SP Makmur Sejahtera Kelurahan Kedung Sari segera membayar tunggakan pinjaman. Gambaran secara umum, nasabah itu ada yang berkembang dan juga ada yang statis usahanya.

"Untuk Sukajadi lebih banyak tunggakannya. Kami rapatkan kembali secara komprehensif setelah Pemilu," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM) Chairani mengatakan, tunggakan pinjaman nasabah ini dinilai sangat krusial. Nasabah yang mengajukan pinjaman, banyak yang tidak membayar.

"Alasannya cukup banyak, seperti alasan ekonomi, tidak bekerja lagi, dan ada yang meninggal," ujarnya.

Chairani juga meminta pengelola UEK-SP untuk berinovasi. Agar, masyarakat dapat mengembalikan pinjaman mereka.

"Dana UEK-SP ini berasal dari pemerintah yang harus dikembalikan dan digulirkan kembali ke masyarakat. Jadi saya berharap kepada para camat, lurah, ketua RT-RW dan tokoh masyarakat mengimbau nasabah untuk melunasi pinjamannya," harap Chairani.

Dari pelaksanaan Musyawarah Kelurahan Pertanggungjawaban Tahunan (MKPT) UEK-SP Makmur Sejahtera, Kelurahan Kedung Sari, tercatat laba atau Sisa Hasil Usaha (SHU) senilai Rp32.158.900. Sedangkan tunggakan tercatat sebesar Rp185.638.222.