Pertamina Sosialisasi AJP 2024 ke Wartawan di Riau

Pertamina Sosialisasi AJP 2024 ke Wartawan di Riau

11 September 2024
Wartawan dari seluruh Riau usai sosialisasi AJP di Hotel Pangeran Pekanbaru, Selasa (10/10/2024). Foto: Istimewa.

Wartawan dari seluruh Riau usai sosialisasi AJP di Hotel Pangeran Pekanbaru, Selasa (10/10/2024). Foto: Istimewa.

RIAU1.COM -PT Pertamina (Persero) kembali menggelar ajang Anugerah Jurnalistik Pertamina (AJP) di tahun ini. Bersama anak perusahaan Pertamina di Sumatera Bagian Tengah (Sumbagteng), Pertamina lakukan sosialisasi perhelatan AJP 2024 kepada para awak media di Provinsi Riau.

Sosialisasi AJP 2024 disampaikan oleh “Kami mengajak teman-teman media di Sumbagteng, khususnya teman-teman di Riau untuk kembali mengikuti AJP 2024. Ini merupakan ajang apresiasi dari kami untuk insan media,” kata Perwakilan Media and Communication Pertamina Nerisa Pitrasari dalam penyampaian sosialisasi AJP di Hotel Pangeran, Kota Pekanbaru, Riau, Selasa (10/10/2024).

AJP kali ini mengangkat tema Energizing the Acceleration. Media memiliki peran yang penting dalam edukasi publik. 

“Nanti, teman-teman media bisa mengirimkan karya-karya jurnalistiknya terkait inovasi energi di Pertamina  baik secara bisnis maupun non bisnis,” ucap Nerisa.

AJP 2024 merupakan ajang tahunan yang digelar oleh Pertamina secara nasional. Pertamina mengajak insan pers untuk mengangkat informasi mengenai hal-hal yang bersifat Menjaga Ketahanan Energi Nasional, Mendorong Transisi Energi, Mengoptimalkan Energi Baru Terbarukan, Melaksanakan Program Sustainability dan Program ESG, serta Go Global.

Melalui tema ‘Energizing the Acceleration’ ini pula, Pertamina mendorong pemberitaan yang mengulas mengenai pemanfaatan dan pengembangan energi untuk Indonesia yang lebih baik. Karya jurnalistik yang dapat diikutsertakan adalah karya-karya yang mengandung informasi yang bermanfaat bagi publik, proporsional, mengedukasi publik, berdasarkan pada keakuratan data dan fakta serta memenuhi unsur-unsur jurnalistik (minimal memenuhi kaidah 5W+1H).

Pada AJP kali ini, karya jurnalistik peserta akan dinilai dari 2 Pilar Topik yaitu Bisnis dan Non-Bisnis. Tiap Pilar Topik memiliki 4 Kategori Karya yaitu Karya Tulis, Karya TV, Karya Radio, dan Karya Essay Foto. Dengan demikian, kategori karya menjadi total delapan kategori.

"Dengan perubahan ini akan membuka lebih banyak kesempatan bagi jurnalis untuk mendaftarkan karyanya. Tentunya memberikan lebih banyak kesempatan untuk menang di AJP," ujar Nerisa.

Sementara itu, Manager Internal Communication PHR Sonitha Poernomo mengatakan, media segera mendaftarkan karya-karya terbaik jurnalistik mereka untuk AJP 2024. Hal ini mengingat batas akhir pendaftaran dan penyampaian karya maksimal hingga 31 Oktober 2024 pukjul 23.59 WIB. Selama ini, PHR juga telah melakukan sebaran informasi kepada media di Riau sebagai bahan pemberitaan di media masing-masing.

“Kami sampaikan terima kasih kepada teman-teman media yang selama ini sudah berkenan menyebarkan informasi positif baik soal PHR maupun Pertamina secara keseluruhan. Untuk itu, Pertamina mengadakan AJP sebagai wadah untuk mengapresiasi karya jurnalistik teman-teman media,” sebutnya.