Pertamina Hulu Rokan Raih Penghargaan Inovasi Terbaik di IOG SCM Summit 2024

Pertamina Hulu Rokan Raih Penghargaan Inovasi Terbaik di IOG SCM Summit 2024

16 Agustus 2024
PT PHR menerima penghargaan The Best Innovation in Inventory Management Optimation di Jakarta, Jumat (16/8/2024). Foto: Istimewa.

PT PHR menerima penghargaan The Best Innovation in Inventory Management Optimation di Jakarta, Jumat (16/8/2024). Foto: Istimewa.

RIAU1.COM -PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) berhasil menyabet penghargaan prestisius "The Best Innovation in Material Inventory Optimization" dalam ajang IOG SCM and National Capacity Summit 2024 yang digelar di Jakarta Convention Center, Jumat (16/8/2024). Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi atas terobosan PHR dalam mengembangkan aplikasi Integrated Material Management (IMM) yang terintegrasi dengan Rokan Market Place, sebuah platform digital inovatif untuk mengoptimalkan pengelolaan material dan aset di Wilayah Kerja (WK) Rokan.

Pengembangan aplikasi IMM dan Rokan Market Place ini merupakan hasil kolaborasi tim Information Technology serta Procurement & Contracting PHR WK Rokan. Aplikasi ini menawarkan sejumlah fitur canggih, seperti e-FUPP yang mempermudah proses usulan pelepasan penghapusan aset, serta Rokan Market Place yang memungkinkan pemanfaatan material eks-terminasi secara lebih efisien dan dapat diakses oleh berbagai pihak, termasuk AP Pertamina dan KKKS lainnya.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur Warehouse Receiving Transaction yang memungkinkan pembuatan Berita Acara Serah Terima Barang (BASTB) secara online, perhitungan denda keterlambatan, hingga Surat Permintaan Proses Pembayaran (SP3). Tujuannya adalah untuk menjamin akurasi dan akuntabilitas dalam proses penerimaan material.

Deputi Dukungan Bisnis SKK Migas, Rudi Satwiko menyatakan bahwa penghargaan ini merupakan bentuk pengakuan atas dedikasi PHR dalam memastikan rantai pasok yang solid dan mendorong pemanfaatan sumber daya lokal. Sementara itu, Executive Vice President Business Support PHR, Irfan Zaenuri menegaskan, dengan implementasi IMM dan Rokan Market Place, PHR kini lebih siap dalam menghadapi kebutuhan operasional yang dinamis.

"Pengelolaan material menjadi lebih terstandarisasi dan transparan. Sehingga setiap aset dan material yang kami kelola dapat memberikan nilai maksimal untuk mendukung keberlanjutan operasional di WK Rokan," ujar Irfan.

Pengembangan IMM dan Rokan Market Place mencerminkan komitmen PHR untuk terus berinovasi dan beradaptasi dalam menghadapi tantangan industri energi yang semakin kompleks. Kedua sistem ini dirancang tidak hanya untuk kebutuhan saat ini tetapi juga untuk mendukung pertumbuhan jangka panjang perusahaan.

Sementara itu, Corporate Secretary PHR Rudi Ariffianto mengatakan, ajang SCM Summit 2024 ini diikuti oleh sekitar 51 perusahaan migas nasional. PHR juga turut berpartisipasi dalam stan Pertamina Hulu Energi, Subholding Upstream, serta memamerkan inovasi digital di bidang manajemen rantai pasok. Selain itu, PHR juga memboyong produk dari 13 UMKM mitra binaan CSR PHR di Riau untuk diperkenalkan dalam acara tersebut, sebagai bagian dari dukungan perusahaan terhadap pengembangan ekonomi lokal.

"PHR menampilkan berbagai produk UMKM mitra kami di Riau, mulai dari makanan, minuman, kerajinan hingga batik. Ini adalah upaya kami untuk memperkenalkan produk-produk lokal ke panggung nasional dan internasional," ujarnya.