Penyaluran Bantuan Beras CPP Tahap Ketiga Dimulai di Pekanbaru

17 Oktober 2024
Kepala Disketapang Pekanbaru Maisisco. Foto: Surya/Riau1.

Kepala Disketapang Pekanbaru Maisisco. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Pemerintah Pusat telah mulai menyalurkan bantuan beras Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) tahap ketiga untuk Kota Pekanbaru sejak 14 Oktober 2024. Proses penyaluran ini akan berlangsung hingga 24 Oktober mendatang.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan (Disketapang) Kota Pekanbaru Maisisco menyebutkan, terdapat lebih dari 17 ribu kepala keluarga (KK) penerima manfaat beras CPP yang tersebar di 15 kecamatan. Untuk menghindari penumpukan warga dan memudahkan proses penyaluran, bantuan beras CPP didistribusikan melalui kantor Pos Indonesia dan kantor kelurahan. 

"Untuk penerima di Kecamatan Sail, Sukajadi, dan Pekanbaru Kota, penyaluran dilakukan melalui kantor Pos Indonesia di Jalan Jenderal Sudirman. Sementara untuk kecamatan lainnya dilaksanakan di kantor lurah terdekat," ungkapnya.

Maisisco menjelaskan, penyaluran melalui kantor kelurahan bertujuan memperpendek rentang kendali penyaluran beras dari kantor Pos Indonesia kepada warga yang tinggal di daerah perbatasan atau jauh dari pusat kota. Selama ini, sebagian besar disalurkan melalui kantor Pos Indonesia.

"Warga datang ke kantor pos, tentu butuh waktu dan biaya. Saat ini  penyaluran diarahkan ke kelurahan. Sehingga masyarakat tidak perlu jauh-jauh lagi dan tidak butuh biaya untuk transportasi," jelasnya.

Adapun jadwal dan lokasi penyaluran beras CPP tahap ketiga antara lain  Kecamatan Sail dengan jumlah penerima 175 KK. Penyaluran tanggal 14 Oktober.

Kecamatan Pekanbaru Kota dengan jumlah penerima 304 KK. Penyaluran tanggal 15 Oktober. 

Kecamatan Sukajadi dengan jumlah penerima 479 KK. Penyaluran tanggal 16 Oktober. Warga dari tiga kecamatan ini mengambil beras CPP di Kantor Pos Indonesia.

Sedangkan warga dari kecamatan lain mengambil beras CPP di kantor kelurahan terdekat. Kecamatan Payung Sekaki dengan jumlah penerima 1.244 KK. Penyaluran tanggal 15 Oktober.

Kecamatan Rumbai Barat dengan jumlah penerima 1.128 KK. Penyaluran tanggal 15 Oktober.

Kecamatan Kulim dengan jumlah penerima 1.196 KK. Penyaluran tanggal 16 Oktober.

Kecamatan Bukitraya dengan jumlah penerima penerima 979 KK. Penyaluran tanggal 16 Oktober.

Kecamatan Limapuluh dengan jumlah penerima penerima 523 KK. Penyaluran tanggal 17 Oktober.

Kecamatan Marpoyan Damai, penyaluran tanggal 17 Oktober, penerima 1.368 KK, kecuali Kelurahan Perhentian Marpoyan. Kecamatan Tenayan Raya, penyaluran tanggal 18 Oktober, penerima 2.157 KK.

Kecamatan Tuah Madani, penyaluran tanggal 18 Oktober, penerima 1.046 KK. Kecamatan Rumbai Pesisir, penyaluran tanggal 22-23 Oktober, penerima 4.360 KK, kecuali Kelurahan Umban Sari yang disalurkan melalui kantor Pos.

Kecamatan Rumbai Timur, penyaluran tanggal 23 Oktober, penerima 1.050 KK, sebagian di kantor kelurahan dan sebagian di kantor Pos Sudirman. Kecamatan Bina Widya, penyaluran tanggal 24 Oktober, penerima 598 KK. Kecamatan Senapelan, penyaluran tanggal 24 Oktober, penerima 504 KK.

Dengan adanya penyaluran ini, diharapkan masyarakat Kota Pekanbaru yang membutuhkan bantuan pangan dapat terbantu dan tidak lagi menghadapi kendala dalam memperoleh beras CPP. Pemerintah terus berupaya memastikan distribusi bantuan berjalan lancar dan tepat sasaran.