Penumpang Capai 8 Juta Tiap Tahun, Pekanbaru Butuh Bandara Baru

Penumpang Capai 8 Juta Tiap Tahun, Pekanbaru Butuh Bandara Baru

30 Juli 2024
Sekdako Pekanbaru Indra Pomi Nasution. Foto: Surya/Riau1.

Sekdako Pekanbaru Indra Pomi Nasution. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Penumpang maskapai penerbangan komersial mencapai delapan juta orang setiap tahun di Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II. Pemko Pekanbaru mengusulkan ke Pemprov Riau agar ada lahan untuk bandara baru yang lebih modern.

"Kami mengusulkan pengganti Bandara SSK II dalam rapat revisi Peraturan Daerah (Perda) Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Provinsi Riau. Berdasarkan dokumen yang disusun PT Angkasa Pura II, daya dukung Bandara SSK II hampir penuh, sekitar 8 juta per tahun. Makanya, kami butuh bandara baru," kata Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Indra Pomi Nasution di Gedung DPRD Riau, Senin (29/7/2024).

Pertimbangan pemindahan bandara, agar jangan ada himpitan antara penerbangan TNI Angkatan Udara dengan komersial. Pada bandara baru nanti, pemko ingin ada zonasi penerbangan komersial.

"Kami ingin kapasitas bandara baru lebih besar dalam bentuk Aerocity. Kami mengusulkan lokasinya di perbatasan dengan Kabupaten Siak," ucap Indra Pomi.

Pemprov Riau akan membahas lokasi bandara baru tersebut. Pemprov Riau juga akan menetapkan zonasi berkait dengan bandara baru.

"Tapi, posisi belum pasti," imbuhnya.