Penderita Hepatitis Naik Tiap Tahun di Pekanbaru

Penderita Hepatitis Naik Tiap Tahun di Pekanbaru

31 Juli 2023
Kepala Dinkes Pekanbaru Dokter Zaini Rizaldy. Foto: Surya/Riau1.

Kepala Dinkes Pekanbaru Dokter Zaini Rizaldy. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Jumlah penderita Hepatitis meningkat di Pekanbaru setiap tahun. Salah satu penyebab penyakit Hepatitis ini adalah minuman beralkohol dan kurang istirahat. 

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pekanbaru Dokter Zaini Rizaldy di SKA Co-Ex, Senin (31/7/2023), mengatakan, Hepatitis merupakan salah satu penyakit menular. Namun, penyakit ini bukan hanya disebabkan oleh virus. 

"Tetapi, penyakit ini bisa juga disebabkan oleh obat-obatan maupun minuman beralkohol. Tiap tahun, jumlah penderita Hepatitis ini terus bertambah seiring bertambahnya jumlah penduduk," ujarnya. 

Angka vaksinasi Hepatitis ini belum mencapai target yang diharapkan. Vaksinasi Hepatitis masih di bawah 95 persen.

"Kami berupaya agar masyarakat mendapat perlindungan melalui vaksinasi. Vaksinasi Hepatitis ini dapat diperoleh di posyandu, puskesmas, dan rumah sakit segera gratis," ungkap Dokter Bob, sapaan akrabnya.

Penyakit ini terdiri dari banyak varian yaitu Hepatitis A, B, C, D, dan E. Tingkat keparahannya berbeda-beda. Jumlah penderita sangat sedikit dibandingkan total jumlah penduduk. 

"Hepatitis ini merupakan penyakit radang liver (hati). Hati merupakan tempat metabolisme berbagai macam makanan dan minuman serta obat-obatan, termasuk juga kurang istirahat," sebut Dokter Bob.