Pemko Pekanbaru Tingkatkan Kinerja RSD Madani Mulai Kini

Pemko Pekanbaru Tingkatkan Kinerja RSD Madani Mulai Kini

3 September 2024
Plt Kepala Dinkes Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut. Foto: Surya/Riau1.

Plt Kepala Dinkes Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Pemko Pekanbaru akan meningkatkan kinerja Rumah Sakit Daerah (RSD) Madani mulai kini. Agar, RSD Madani bisa menjadi rumah sakit rujukan bagi 21 puskesmas.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut, Selasa (3/9/2024), mengungkapkan komitmen Pemko Pekanbaru untuk terus meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Salah satu langkah strategis yang diambil adalah dengan meningkatkan kinerja Rumah Sakit Daerah (RSD) Madani, yang selama ini telah menjadi ujung tombak pelayanan kesehatan.

Dalam kunjungan Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Risnandar Mahiwa ke RSD Madani yang didampingi oleh sekretaris daerah dan beberapa pejabat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pada 31 Agustus. Pj wali kota menegaskan pentingnya optimalisasi fasilitas yang telah dimiliki oleh RSD Madani

RSD Madani sudah terakreditasi dan diakui sebagai unit pelayanan kesehatan yang bersifat khusus. Fasilitas yang ada di rumah sakit ini, menurut informasi dari rekan-rekan di Dinas Kesehatan, merupakan salah satu yang terbaik di Pekanbaru,” ujarnya.

Pemko Pekanbaru telah memiliki 21 puskesmas yang terakreditasi dengan baik. Sebanyak 21 puskesmas ini juga sudah berbentuk Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) yang siap mendukung layanan kesehatan di seluruh wilayah kota. 

"Kami berencana untuk lebih mengoptimalkan rujukan dari puskesmas ke RSD Madani, khususnya bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang biayanya ditanggung oleh pemerintah. Namun, implementasi kebijakan ini akan dilakukan secara bertahap," jelas Ingot.

Dengan adanya rencana ini, Pemko Pekanbaru berharap agar pelayanan kesehatan RSD Madani dapat semakin optimal. Sehingga. RSD Madani dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat.