Pemko Pekanbaru Siapkan Rencana Besar untuk Transportasi

Pemko Pekanbaru Siapkan Rencana Besar untuk Transportasi

22 Agustus 2024
Kepala Dishub Pekanbaru Yuliarso. Foto: Surya/Riau1.

Kepala Dishub Pekanbaru Yuliarso. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Pemko Pekanbaru sedang menyusun rencana strategis untuk mengembangkan infrastruktur transportasi yang lebih terintegrasi dan efektif. Sinergi antara Pemko Pekanbaru dan Pemprov Riau menjadi kunci utama dalam perencanaan ini.

"Saat ini, kami sedang menyusun Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD), Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), dan Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP), penting untuk memastikan agar semua rencana ini selaras dari tingkat kota hingga ke pusat," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru Yuliarso, Kamis (22/8/2024).

Integrasi dan sinkronisasi sangat penting dalam penanganan masalah transportasi dan mobilitas di Pekanbaru. Tanpa dukungan dari Pemprov Riau dan pemerintah pusat, pembangunan infrastruktur transportasi yang signifikan ini akan memakan waktu yang sangat lama.

"Dalam konteks ini, Kota Pekanbaru punya peran vital sebagai pintu gerbang utama menuju Provinsi Riau, terutama melalui jalur udara. Kota Pekanbaru harus bisa memberikan kenyamanan dan kesan positif bagi para pengunjung yang datang ke Riau," jelas Yuliarso.

Salah satu program unggulan yang tengah digarap adalah pengembangan Bus Rapid Transit (BRT). Selain itu, berbagai program lain seperti pembangunan sarana dan prasarana jalan, halte, marka jalan, dan rambu-rambu lalu lintas juga sedang dipersiapkan.