Pemko Pekanbaru Segera Gelar Asesmen Jabatan untuk Empat Kepala OPD

18 Oktober 2024
Pj Wali Kota Pekanbaru Risnandar Mahiwa. Foto: Surya/Riau1.

Pj Wali Kota Pekanbaru Risnandar Mahiwa. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Asesmen jabatan empat Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemko) Pekanbaru segera dimulai. Pemko Pekanbaru akan membuka asesmen ini setelah mendapatkan izin dari pemerintah pusat.

Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Risnandar Mahiwa, Jumat (18/10/2024), menyatakan, usulan untuk melakukan lelang jabatan telah disetujui oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Pemko Pekanbaru akan segera menggelar rapat panitia seleksi (Pansel) untuk melakukan asesmen.

"Sudah mendapatkan izin. Nanti, saya bersama sekda akan mengadakan rapat Pansel dan melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan pejabat eselon II," ujarnya.

Ada empat jabatan kepala OPD yang akan dilakukan asesmen, yaitu Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), Kepala Dinas Pertanahan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK), dan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol).

Risnandar memastikan bahwa dalam evaluasi ini, ia sebagai Pj wali kota tidak memiliki kepentingan pribadi apapun. Evaluasi ini dilakukan semata-mata untuk kepentingan pelayanan masyarakat.

"Masa jabatan kosongnya sudah lama. Oleh karena itu, kami rapatkan bersama. Setelah ada putusan rapat, kita akan umumkan persyaratannya," terangnya.

Dalam lelang jabatan kali ini, asesmen ini mengutamakan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ada di lingkungan Pemko Pekanbaru. Harapannya, kaderisasi internal di Pemko Pekanbaru dapat berjalan dengan baik.