Pemko Pekanbaru Segera Bangun Posko Damkar di Kompleks Perkantoran Tenayan Raya

Pemko Pekanbaru Segera Bangun Posko Damkar di Kompleks Perkantoran Tenayan Raya

21 September 2024
Petugas damkar memanfaatkan sumber air di belakang Gedung Lipat Kajang saat proses pemadaman api, Jumat (21/9/2024). Foto: Istimewa.

Petugas damkar memanfaatkan sumber air di belakang Gedung Lipat Kajang saat proses pemadaman api, Jumat (21/9/2024). Foto: Istimewa.

RIAU1.COM -Pemko Pekanbaru segera membangun Posko Pemadam Kebakaran (Damkar) di Kompleks Perkantoran Tenayan Raya. Keselamatan gedung perkantoran dari kebakaran tak bisa disepelekan.

Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru, Risnandar Mahiwa di rumah dinas wali kota, Sabtu (21/9/2024), menegaskan pentingnya Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam penanggulangan kebakaran di gedung-gedung perkantoran. Hal ini berdasarkan pengalamannya dalam berbagai situasi bencana, termasuk saat menjadi anggota Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara (lasitarda) saat tsunami Aceh dan sebagai relawan Kementerian Dalam Negeri saat gempa di Sulawesi Tengah.

Setiap gedung seharusnya dilengkapi dengan alat pemadam api ringan (APAR) di setiap lantai. Petugasnya harus dilatih setiap bulan," ujarnya.

"Saya juga menginstruksikan penyediaan posko pemadam kebakaran di Kompleks Perkantoran Tenayan Raya. Keselamatan di gedung-gedung perkantoran harus diperhatikan dengan serius," tegas Risnandar.

Penyusunan SOP untuk aspek teknis yang sering diabaikan sangat penting. Ketika terjadi kebakaran di belakang kantor, pemadaman hanya fokus di bagian depan gedung. Padahal di belakang gedung yang terbakar, ada embung air.

"Kemarin, kita hanya fokus mengambil air di depan masjid. Padahal, ada banyak air di belakang," jelas Risnandar.

Selain itu, ia menekankan perlunya penguatan sarana dan prasarana untuk pemadam kebakaran, termasuk hidran dan mobil crane untuk menjangkau gedung-gedung tinggi. Hidran sering mengalami kendala dalam pengaliran air karena mesin pompa tidak berfungsi dengan baik.

"Dengan penekanan pada SOP dan peningkatan fasilitas pemadam kebakaran, saya berharap Pemko Pekanbaru dapat lebih siap menghadapi berbagai bencana di masa mendatang," harap Risnandar.

Diberitakan sebelumnya, Gedung Lipat Kajang terbakar sekitar pukul 11.30 WIB, Jumat (20/9/2024). Gedung Lipat Kajang merupakan salah satu gedung di Kompleks Perkantoran Tenayan Raya. Gedung ini ditempati Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim), dan Dinas Perhubungan (Dishub).