Pemko Pekanbaru Raih Penghargaan Wahana Tata Nugraha Kategori Kota Raya

Pemko Pekanbaru Raih Penghargaan Wahana Tata Nugraha Kategori Kota Raya

9 September 2024
Kepala Dishub Pekanbaru Yuliarso. Foto: Surya/Riau1.

Kepala Dishub Pekanbaru Yuliarso. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Pemko Kota Pekanbaru berhasil meraih penghargaan bergengsi Wahana Tata Nugraha (WTN) kategori Kota Raya di Jakarta pada 7 September 2024. Prestasi ini menempatkan Pekanbaru di antara kota-kota besar lainnya yang menerima penghargaan, yaitu Semarang, Surabaya, Depok, dan Palembang.

Kepala Dishub Pekanbaru Yuliarso di halaman Gedung Utama Kompleks Perkantoran Tenayan Raya, Senin (9/9/2024), mengatakan, penghargaan ini diberikan berdasarkan penilaian yang komprehensif oleh tim ahli dari Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan, dan Korlantas Mabes Polri. Tim ahli ini menilai aspek administrasi, infrastruktur, dan manajemen transportasi.

"Ini adalah kali pertama Pekanbaru masuk dalam kategori Kota Raya setelah sebelumnya berada dalam kategori Kota Besar. Lima tahun terakhir, Pekanbaru tidak menerima penghargaan WTN karena perubahan kategori ini," ungkapnya.

Perubahan tersebut dipengaruhi oleh koneksi dengan daerah-daerah penyangga seperti Siak, Kampar, dan Pelalawan yang membentuk kawasan Pekansikawan. Selama dua tahun terakhir, penilaian dilakukan secara mendalam, mencakup administrasi, infrastruktur, dan manajemen transportasi. 

"Hasilnya, beberapa kota raya termasuk Pekanbaru mendapatkan indikator paling baik," ujar Yuliarso.

Kolaborasi sangat penting antara berbagai pihak yang terlibat dalam Forum Lalu Lintas, termasuk Dishub, Satlantas Polresta Pekanbaru, Dinas PUPR, serta dukungan dari pemerintah provinsi dan Ditlantas Polda Riau. Prestasi ini juga berkat kedisiplinan dan kontribusi positif masyarakat dalam bidang transportasi.

"Saya mengajak seluruh masyarakat Pekanbaru untuk mempertahankan prestasi ini dan meningkatkan disiplin dalam berlalu lintas. Bagi masyarakat yang sudah baik dan mendukung penghargaan ini, mari kita pertahankan. Bagi yang belum disiplin, mari kita perbaiki diri dalam berlalu lintas yang tertib, lancar, berkeselamatan, dan berkelanjutan," pesan Yuliarso.