Pemko Pekanbaru Raih Penghargaan TPID, Terbaik di Sumatera

Pemko Pekanbaru Raih Penghargaan TPID, Terbaik di Sumatera

14 Juni 2024
Pj Wali Kota Pekanbaru Risnandar Mahiwa menerima piala TPID Award dari Presiden Jokowi di Istana Negara, Jumat (14/6/2024). Foto: Istimewa.

Pj Wali Kota Pekanbaru Risnandar Mahiwa menerima piala TPID Award dari Presiden Jokowi di Istana Negara, Jumat (14/6/2024). Foto: Istimewa.

RIAU1.COM -Pemko Pekanbaru meriah penghargaan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten dan Kota Berkinerja Terbaik di kawasan Sumatera. Pemko Pekanbaru meriah prestasi ini bersama Pemko Batam dan Pemko Banda Aceh. 

Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Risnandae Mahiwa menerima piala TPID Award ini dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jumat (14/5/2024). Pemko Pekanbaru meraih TPID Award untuk kategori Sinergi Penanganan Inflasi dan Daerah Rawan Pangan. 

Usai menerima penghargaan, Pj Wali Kota Risnandar menyampaikan apresiasi sekaligus terima kasih kepada kementerian dan lembaga, organisasi perangkat daerah (OPD) Pemko Pekanbaru, pemangku kebijakan lainnya, masyarakat, dan pihak swasta yang telah bekerja sama dalam mengendalikan inflasi. Sehingga, Pekanbaru mendapatkan Penghargaan dengan kategori TPID Kabupaten dan Kota Berkinerja Baik di Kawasan Sumatera.

"Saya berharap agar sinergitas yang terjalin tetap terjaga. Sehingga ke depannya, Kota Pekanbaru dapat mempertahankan bahkan meningkatkan capaian kinerja dalam bidang pengendalian inflasi," katanya. 

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Indra Pomi Nasution di Aula Bank Indonesia perwakilan Riau mengatakan, penghargaan TPID kategori terbaik tersebut sudah diterima Pemko Pekanbaru sebanyak tiga kali secara beruntun. Pencapaian ini sesuatu yang luar biasa.

"Karena, Pekanbaru ini dilihat dari seluruh kebutuhan, rata-rata disuplai dari luar. Sejauh ini, kami hanya bisa menyiapkan kebutuhan masyarakat di angka 20 sampai 30 persen. Artinya, lebih dari 50 persen itu didatangkan dari luar," ungkapnya. 

Mengingat sebagian besar kebutuhan bahan pokok didatangkan dari luar daerah, Pemko Pekanbaru tentu membutuhkan koordinasi dan kerja sama berbagai pihak. Hal ini guna meminimalisir lonjakan harga bahan pokok. 

"Sehingga masyarakat kita bisa mendapatkan harga yang baik dan juga punya daya beli yang cukup. Jadi, kami menyampaikan terima kasih kepada semua pihak, termasuk pengusaha-pengusaha di sektor pangan dan lain-lain. Terima kasih, kita bisa sama-sama menjaga inflasi. Yang penting petani masih bisa untung dan masyarakat membeli dengan harga terjangkau," ucap Indra Pomi.