Pemko Pekanbaru Raih Penghargaan Bergengsi UHC 2024

Pemko Pekanbaru Raih Penghargaan Bergengsi UHC 2024

11 Agustus 2024
Plt Kepala Dinkes Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut (dua dari kanan) usai menerima Penghargaan UHC di Jakarta pada 8 Agustus 2024. Foto: Istimewa.

Plt Kepala Dinkes Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut (dua dari kanan) usai menerima Penghargaan UHC di Jakarta pada 8 Agustus 2024. Foto: Istimewa.

RIAU1.COM -Pemko Pekanbaru meraih prestasi gemilang dengan menerima Penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Tahun 2024 dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Penghargaan ini merupakan pengakuan atas komitmen kuat Pemko Pekanbaru dalam memberikan jaminan kesehatan yang merata bagi warganya.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'aruf Amin. Penghargaan ini diterima oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut dalam sebuah acara di Krakatau Grand Ballroom, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, pada Kamis, 8 Agustus 2024.

UHC Award merupakan bentuk apresiasi dari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah yang berhasil memenuhi target cakupan jaminan kesehatan universal bagi masyarakat. Wakil Presiden Ma'aruf Amin memberikan apresiasi tinggi kepada seluruh pemerintah daerah yang telah mencapai target tersebut, termasuk Pemko Pekanbaru.

Diharapkan, penghargaan ini dapat memotivasi daerah lain di Indonesia. Hal ini guna meningkatkan jumlah peserta jaminan kesehatan dan memastikan masyarakatnya terlindungi dengan baik.

"Pencapaian UHC di berbagai daerah ini adalah bukti nyata komitmen negara dalam memberikan jaminan kesehatan yang merata bagi seluruh rakyat Indonesia. Kami telah mencapai target yang ditetapkan dan akan terus meningkatkan kualitas layanan demi kesehatan masyarakat yang lebih baik," ujar Ma'aruf Amin dalam sambutannya.

Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Dinkes Kota Pekanbaru Fira Septiyanti mengungkapkan, penghargaan ini diraih berkat upaya Pemko Pekanbaru dalam mendanai kesehatan masyarakat melalui program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), dengan pencapaian yang luar biasa, yakni 99,24 persen per 1 Agustus 2024. Angka ini jauh melampaui target nasional yang ditetapkan pemerintah pusat sebesar 95 persen.