Pemko Pekanbaru Raih Investasi Triliunan Rupiah, Pertanda Kebangkitan Ekonomi

Pemko Pekanbaru Raih Investasi Triliunan Rupiah, Pertanda Kebangkitan Ekonomi

12 September 2024
Kepala DPMPTSP Pekanbaru Akmal Khairi. Foto: Surya/Riau1.

Kepala DPMPTSP Pekanbaru Akmal Khairi. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Pekanbaru mengumumkan pencapaian gemilang di semester pertama tahun ini. Total investasi mencapai Rp2,978 triliun.

Kepala DPMPTSP Kota Pekanbaru Akmal Khairi, Kamis (12/9/2024), mengatakan, sebagian besar investasi berasal dari Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) yang mencapai Rp2,67 triliun melalui 3.903 proyek atau kegiatan. Investasi PMDN ini menunjukkan tingginya kepercayaan investor dalam negeri terhadap potensi Kota Pekanbaru.

Selain itu, Penanaman Modal Asing (PMA) turut memberikan kontribusi sebesar Rp301 miliar dari 284 proyek atau kegiatan. Investasi asing ini memperkuat posisi Pekanbaru sebagai destinasi investasi yang menarik bagi investor global.

Akmal merinci investasi masuk dalam dua tahap. Pada tahap pertama, yaitu Januari hingga Maret, nilai investasi mencapai Rp1,6 triliun. Sementara itu, pada tahap kedua, April hingga Juni, investasi yang masuk sebesar Rp1,37 triliun. 

"Dengan demikian, total investasi yang tercatat sepanjang semester pertama adalah Rp2,97 triliun," jelas Akmal.

Capaian investasi ini sudah mencapai sekitar 56 persen dari target yang ditetapkan Pemerintah Pusat melalui Pemerintah Provinsi Riau sebesar Rp5,09 triliun untuk tahun ini. DPMPTSP optimis dapat mencapai target investasi yang ditetapkan dengan terus meningkatkan pelayanan dan kemudahan bagi para investor.

Pencapaian ini semakin mengukuhkan Pekanbaru sebagai salah satu kota tujuan investasi utama di Indonesia. Diharapkan, investasi ini mampu mendorong pertumbuhan ekonomi dan membuka lebih banyak lapangan kerja bagi masyarakat setempat.