Pemko Pekanbaru Raih Indeks Pembangunan Statistik Tertinggi di Riau

24 Oktober 2024
Pemko Pekanbaru mendapatkan nilai IPS sebesar 2,89 poin pada EPSS 2024 yang diselenggarakan oleh BPS Riau. Foto: Istimewa.

Pemko Pekanbaru mendapatkan nilai IPS sebesar 2,89 poin pada EPSS 2024 yang diselenggarakan oleh BPS Riau. Foto: Istimewa.

RIAU1.COM -Pemko Pekanbaru mendapatkan nilai Indeks Pembangunan Statistik (IPS) sebesar 2,89 poin pada Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) 2024 yang diselenggarakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau. Dengan nilai tersebut, penyelenggaraan statistik di Kota Pekanbaru menjadi yang terbaik dari 12 kabupaten dan kota.

Penilaian ini disampaikan oleh Kepala BPS Provinsi Riau Asep Riyadi dalam agenda Penyampaian EPSS, Rabu (23/10/2024). 

"Penghargaan kepada Pemko Pekanbaru yang berhasil mendapatkan nilai IPS sebesar 2,89 poin berdasarkan EPSS tahun 2024. Nilai IPS Pekanbaru merupakan peringkat pertama dari kabupaten dan kota lain di Riau," ujarnya.

Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Risnandar Mahiwa menyatakan, IPS telah menjadi salah satu indikator yang digunakan dalam penilaian reformasi birokrasi baik di kementerian, lembaga, maupun pemerintah daerah. Kemendagri telah menetapkan IPS sebagai indikator outcome prioritas urusan statistik pada tahun 2025 dengan target nasional sebesar 3,50 poin atau berpredikat Sangat Baik.

"Penilaian ini tidak hanya menjadi cerminan dari capaian yang telah diperoleh, tetapi juga sebagai bahan evaluasi untuk perbaikan ke depan. Dari hasil evaluasi penyelenggaraan statistik sektoral tahun ini terdapat beberapa aspek yang perlu kita tingkatkan, terutama dalam hal penerapan interoperabilitas data, serta pengelolaan dan penyebarluasan data dari walidata (Dinas Kominfotiksan Kota Pekanbaru) dan Dinas Produsen Data," jelasnya.

Pemko Pekanbaru akan terus meningkatkan capaian untuk menyukseskan target IPS, yakni mendapatkan predikat Sangat Baik di tahun 2025 mendatang. Diharapkan, kegiatan ini dapat meningkatkan sinergi dan koordinasi antar lembaga dalam pengelolaan data dan informasi statistik sektoral di Kota Pekanbaru.

"Selain itu, saya juga mendorong seluruh instansi terkait untuk terus meningkatkan kapasitas dan kompetensi sumber daya manusia di bidang statistik. Agar, seluruh instansi mampu menghasilkan data yang lebih berkualitas dan bermanfaat bagi pembangunan daerah," pungkas Asep.

Prestasi ini menunjukkan komitmen Pemko Pekanbaru dalam meningkatkan kualitas pengelolaan data dan informasi statistik. Diharapkan, prestasi ini diharapka dapat mendukung berbagai program pembangunan di kota ini.