Pemko Pekanbaru Gelar Pelatihan untuk Tingkatkan Profesionalisme ASN di Pilkada

Pemko Pekanbaru Gelar Pelatihan untuk Tingkatkan Profesionalisme ASN di Pilkada

29 Agustus 2024
Pj Wali Kota Pekanbaru Risnandar Mahiwa. Foto: Istimewa.

Pj Wali Kota Pekanbaru Risnandar Mahiwa. Foto: Istimewa.

RIAU1.COM -Pemko Pekanbaru menggelar kegiatan bertajuk Peningkatan Kapasitas Aparatur Terhadap Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan di Gedung Utama Kompleks Perkantoran Tenayan Raya, Kamis (29/8/2024). Kegiatan ini dalam rangka meningkatkan kompetensi dan profesionalisme Aparatur Sipil Negara (ASN).

Kegiatan ini mendapatkan perhatian khusus dari Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Risnandar Mahiwa yang turut hadir bersama sejumlah narasumber berpengalaman dari Direktorat Jenderal (Dirjen) Otonomi Daerah (Otda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Peserta pelatihan meliputi asisten, kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), kepala bagian, camat, dan lurah dari seluruh wilayah Kota Pekanbaru. Beberapa isu strategis menjadi fokus pembahasan, termasuk pentingnya netralitas ASN dalam penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 yang sudah semakin dekat.

Dalam sambutannya, Risnandar menegaskan bahwa ASN harus menjaga sikap netral. ASN jangan sampai terlibat dalam politik praktis selama seluruh tahapan Pilkada berlangsung.

"Netralitas adalah kunci bagi ASN untuk menjalankan tugasnya dengan baik dalam mendukung pelaksanaan Pilkada yang jujur dan adil," ungkapnya.

Selain pembahasan terkait Pilkada, acara ini juga memusatkan perhatian pada persiapan Penyusunan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) dan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) tahun 2024. Kedua laporan ini menjadi bagian penting dari tanggung jawab ASN dalam memastikan kelancaran roda pemerintahan.