Pemko Pekanbaru dan BPS Bangun Kelurahan Cantik Tahun Ini

Pemko Pekanbaru dan BPS Bangun Kelurahan Cantik Tahun Ini

13 September 2024
Kepala Diskominfotiksan Pekanbaru Raja Hendra Saputra. Foto: Istimewa.

Kepala Diskominfotiksan Pekanbaru Raja Hendra Saputra. Foto: Istimewa.

RIAU1.COM -Pemko Pekanbaru bekerja sama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) akan membangun Kelurahan Cinta Statistik (Cantik) pada tahun ini. Pembangunan Kelurahan Cantik ini bertujuan untuk meningkatkan literasi, kesadaran, dan peran aktif perangkat kelurahan serta masyarakat dalam penyelenggaraan kegiatan statistik. 

"Program ini juga bertujuan untuk menstandardisasi pengelolaan data statistik, mengoptimalkan penggunaan dan pemanfaatan data statistik, serta membentuk agen-agen statistik di tingkat kelurahan," kata Kepala Dinas Komunikasi Informasi Statistik dan Persandian (Diskominfotiksan) Kota Pekanbaru Raja Hendra Saputra, Jumat (13/9/2024).

Melalui program Kelurahan Cantik ini diharapkan perangkat kelurahan akan memahami pengumpulan dan penyajian data statistik. Dengan pendataan statistik yang baik dan mutakhir, proses perencanaan pembangunan kelurahan akan lebih tepat sasaran. Misalnya, data terkait program pengentasan kemiskinan.

"Kami menargetkan pencapaian satu kelurahan per kecamatan. Pembangunan Kelurahan Cantik akan dimulai di Kelurahan Wonorejo," ungkap Raja Hendra.

Kelurahan Wonorejo merupakan kelurahan terbaik peringkat kedua di Provinsi Riau pada tahun 2023. Maka, kelurahan ini akan dijadikan kelurahan pertama yang dibina sebagai Kelurahan Cantik tahun ini.

Kepala BPS Kota Pekanbaru Khairunnas menambahka pembangunan Kelurahan Cantik ini sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik. Dalam undang-undang tersebut, BPS bertanggung jawab terhadap pembinaan penyelenggaraan statistik. 

"Salah satu upaya kami adalah dengan pembentukan Kelurahan Cantik di Pekanbaru. Agar, perangkat kelurahan kita dapat mengumpulkan dan menyajikan data dalam bentuk statistik terkait kependudukan, ekonomi, sosial, dan bidang-bidang lainnya, sehingga menjadi acuan yang tepat dalam program-program pembangunannya," harapnya.