Pemko Pekanbaru Belum Terima Laporan Kendala PPDB

5 Juli 2024
Sekdako Pekanbaru Indra Pomi Nasution. Foto: Istimewa.

Sekdako Pekanbaru Indra Pomi Nasution. Foto: Istimewa.

RIAU1.COM -Pemko Pekanbaru belum menerima laporam terkait kendala dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB). Pemko hanya menemukan pendaftaran di luar zonasi.

"Tahapan PPDB tingkat SMP negeri telah rampung pada awal Juli dan diakhiri dengan PPDB tingkat SD negeri kemari. Hingga kini, saya belum menerima laporan terkait kendala dalam tahapan PPDB," kata Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Indra Pomi Nasution, Jumat (5/7/2024).

Ia hanya menemukan orang tua mendaftarkan anaknya di sekolah tertentu atau bukan zonasi. Kendala tidak masuk zonasi merupakan suatu hal yang lumrah. 

"Apalagi tahun ini, PPDB SD dan SMP negeri sudah menerapkan sistem online. Tentu saja mereka yang mendaftar diseleksi oleh sistem," ucap Indra Pomi.

Sementara, jarak zonasi yang ditentukan juga diambil berdasarkan perankingan yang terdekat. Maka, calon peserta didik yang terima diambil dari jarak tempat tinggal peserta didik yang terdekat dari sekolah. 

Dalam PPDB SMP negeri tahun ini, sebanyak 9.005 orang lulus di 51 SMP negeri dan 4 SMP swasta. Hasil seleksi PPDB di 55 SMP itu diumumkan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru melalui laman ppdbpekanbaru.id atau https://ppdbpekanbaru.id pada 2 Juli.

Sementara, PPDB SD negeri telah ditutup pada 4 Juli. Total pendaftar di jalur zonasi, afirmasi, dan perpindahan orang tua sudah mencapai 9.176 orang.