Pemko Pekanbaru Alami Banyak Tantangan Tingkatkan Layanan Publik

Pemko Pekanbaru Alami Banyak Tantangan Tingkatkan Layanan Publik

22 Juli 2024
Sekdako Pekanbaru Indra Pomi Nasution. Foto: Surya/Riau1.

Sekdako Pekanbaru Indra Pomi Nasution. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Pemko Pekanbaru menghadapi berbagai tantangan dalam upaya meningkatkan kualitas layanan publik. Ada beberapa isu utama yang perlu segera ditangani Pemko Pekanbaru dalam peningkatan kualitas layanan publik.

"Kami mengalami banyak tantanham dalam peningkatan pelayanan publik. Tantangan itu berupa kekurangan personel hingga anggaran," kata Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Indra Pomi Nasution, Senin (22/7/2024).

Pertama, kekurangan personel di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kependudukan Kecamatan menghambat pelayanan. Perangkat komputer yang sudah tua, serta kurangnya meja, kursi, dan lemari arsip, perlu segera diganti.

Kedua, masih banyak masyarakat yang belum memahami peraturan daerah (perda) yang berlaku. Sehingga, sosialisasi lebih intensif diperlukan.

Ketiga, penerapan sanksi dan denda bagi pelanggar undang-undang dan perda perlu ditingkatkan untuk memberikan efek jera dan mendorong kepatuhan.

Keempat, upaya sosialisasi kepada masyarakat masih minim. Sehingga, banyak yang belum mengetahui peraturan dan layanan yang tersedia.

Kelima, keterbatasan anggaran belanja menghambat berbagai inisiatif dan program pemerintah dalam meningkatkan layanan publik. Upaya dalam mengatasi tantangan ini diharapkan dapat mempercepat peningkatan kualitas pelayanan publik demi kesejahteraan masyarakat.