Pemko Pekanbaru Ajak Warga Langganan Air Perumdam Tirta Siak

Pemko Pekanbaru Ajak Warga Langganan Air Perumdam Tirta Siak

18 September 2024
Asisten II Setdako Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut. Foto: Surya/Riau1.

Asisten II Setdako Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Pemko Pekanbaru mengajak warga agar berlangganan air bersih dari Perumdam Tirta Siak. Kualitas air minum dari Perumdam Tirta Siak tidak perlu diragukan lagi saat ini.

"Air minum Perumdam Tirta Siak adalah air bersih yang dapat kita bandingkan sendiri dari segi ekonomi. Bisa dibandingkan pengeluaran berlangganan Perumdam Tirta Siak per bulan dengan kita beli air galon per bulan," kata Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota (Setdako)  Kota Pekanbaru sekaligus Dewan Pengawas Perumdam Tirta Siak Ingot Ahmad Hutasuhut, Rabu (18/9/2024).

Perumdam Tirta Siak terus melakukan pembenahan. Hal ini guna meningkatkan kualitas layanan air minum kepada warga. 

"Saya yakini kualitas air minum dari Perumdam Tirta Siak tidak perlu diragukan lagi. Dengan berlangganan air Perumdam ini, warga juga turut berkontribusi dalam pelestarian air tanah dengan tidak menggunakannya secara berlebihan," ujar Ingot.

Pengambilan air tanah yang berlebihan juga salah satu penyebab banjir di Kota Pekanbaru. Ketika air tanah diambil secara berlebihan, akan terjadi kerusakan pada struktur tanah.

"Kita bisa lihat sendiri, banjir semakin cepat menggenang saat hujan. Jika dulu banjir terjadi setelah hujan selama satu atau dua jam, sekarang lebih cepat," jelas Ingot.

Pemko Pekanbaru berencana untuk menaikkan pajak air tanah dan mempersulit perizinannya. Langkah ini diambil untuk mengurangi penggunaan air tanah yang sembarangan.

"Selama ini, pajak air tanah masih rendah karena kami ingin mendukung UMKM dan pelaku usaha lainnya. Namun, kami akan mulai mempersulit perizinan dan menaikkan pajaknya. Kebijakan ini bukan hanya di Pekanbaru, tetapi hampir semua kota juga akan melakukannya," ungkap Ingot.

Untuk itu, warga diimbau agar segera beralih menggunakan air dari Perumdam Tirta Siak. Hal ini demi mendukung penggunaan air bersih yang berkualitas.