Pelantikan Anggota DPRD Pekanbaru Periode 2024-2029, Sambutan Penuh Makna dari Pj Wali Kota

Pelantikan Anggota DPRD Pekanbaru Periode 2024-2029, Sambutan Penuh Makna dari Pj Wali Kota

6 September 2024
Pj Wali Kota Pekanbaru Risnandar Mahiwa. Foto: Istimewa.

Pj Wali Kota Pekanbaru Risnandar Mahiwa. Foto: Istimewa.

RIAU1.COM -Anggota DPRD Pekanbaru periode 2024-2029 dilantik, Jumat (6/9/2024). Mereka dilantik oleh Ketua Pengadilan Negeri (PN) Pekanbaru Raden Heru Kuntodewo dalam sebuah Rapat Paripurna Istimewa.

Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Risnandar Mahiwa menghadiri acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan 50 anggota DPRD Pekanbaru periode 2024-2029. Acara yang digelar di Gedung DPRD Pekanbaru ini berlangsung khidmat dan penuh rasa haru.

Dalam sambutannya, Pj Wali Kota Risnandar mengucapkan selamat kepada seluruh anggota DPRD yang baru dilantik. Ia menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada anggota DPRD periode 2019-2024 atas dedikasinya.

"Saya ucapkan selamat kepada anggota DPRD yang baru dilantik. Terima kasih atas pengabdian anggota DPRD periode sebelumnya," ujarnya.

Risnandar juga membacakan sambutan tertulis dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian. Dalam sambutan tersebut, Mendagri Tito menekankan pentingnya peran DPRD dalam pemerintahan daerah, sesuai dengan Undang-Undang Tahun 1945.

"DPRD merupakan bagian integral dari pemerintahan daerah, bermitra sejajar dengan kepala daerah," demikian kutipan dari sambutan tertulis Tito.

Anggota DPRD dipilih melalui Pemilu yang pencalonannya melalui partai politik. Sehingga, anggota DPRD memiliki ikatan yang kuat dengan partai. Namun, kepentingan publik harus tetap ditempatkan di atas kepentingan pribadi dan golongan.

"Dalam menjalankan tugas, DPRD diawasi oleh penegak hukum dan lembaga pengawas seperti KPK, BPK, BPKP," tambah Tito. 

Selanjutnya, Tito menyoroti tiga fungsi utama DPRD yaitu fungsi legislasi, anggaran, dan pengawasan. DPRD memiliki hak interpelasi, hak angket, dan hak menyatakan pendapat.

Sinergitas dan kolaborasi antara DPRD dan kepala daerah harus diarahkan untuk merespons cepat masalah rakyat, mendukung agenda prioritas nasional, dan menjamin kesinambungan penyelenggaraan pemerintahan daerah. Di akhir sambutannya, Tito berharap anggota DPRD yang baru dapat menjalankan tugas dengan baik hingga akhir masa jabatan. 

"Saya juga menyampaikan terima kasih kepada Anggota DPRD periode 2019-2024 atas pengabdian dan jasanya," tutup Pj Wali Kota Risnandar.