Pedagang Kuliner Malam Jalan Cut Nyak Dien Pekanbaru Harus Bersihkan Sampah Usai Berjualan

7 Oktober 2024
Kepala Disperindag Pekanbaru Zulhelmi Arifin. Foto: Surya/Riau1.

Kepala Disperindag Pekanbaru Zulhelmi Arifin. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Para pedagang kuliner malam Jalan Cut Nyak Dien diminta menjaga kebersihan di areanya masing-masing. Sampah sisa makanan harus dimasukkan ke kantor plasti agar mudah diangkut petugas Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Pekanbaru Zulhelmi Arifin di Gedung Utama Kompleks Perkantoran Tenayan Raya, Senin (7/10/2024), menegaskan pentingnya tanggung jawab pedagang kuliner malam Jalan Cut Nyak Dien terhadap sampah dagangan. Dalam upaya menjaga kebersihan, setiap pedagang diingatkan agar mengumpulkan dan menempatkan sampah di lokasi yang telah disediakan setelah selesai berjualan.

"Dengan adanya kepala DLHK yang juga hadir dalam rapar tadi, kami akan meminta pedagang menyiapkan kantong-kantong sampah dan tempat sampah. Sehingga, setelah berjualan, sampah yang berserakan harus dikumpulkan dan dibuang di tempat yang telah ditentukan," ujarnya.

Ami, sapaan akrabnya, mengamati bahwa sampah sering berserakan di kawasan tempat pedagang berjualan di Jalan Cut Nyak Dien. Aneka sampah ini menyulitkan petugas kebersihan. 

"Kami kasihan kepada petugas kebersihan yang sudah memiliki banyak pekerjaan. Selain itu, tempat itu sebenarnya juga bukan untuk berjualan," ucapnya.

Diharapkan, pedagang lebih bertanggung jawab terhadap kebersihan area masing-masing. Sampah harus dikumpulkan dan ditumpuk di satu titik tertentu pada malam hari. Agar, sampah itu dapat diambil petugas kebersihan

Menanggapi dinamika yang terjadi, Ami mengakui bahwa selalu ada tantangan. Namun, semua harus bekerja berdasarkan aturan. 

"Ada (pedagang) yang setuju dan tidak setuju. Itu relatif menurut saya. Yang jelas, kami bekerja berdasarkan aturan yang ada," tutupnya.