PAD Pemko Pekanbaru Lampaui Target Triwulan Ketiga Tahun Ini

4 Oktober 2024
Kepala Bapenda Alek Kurniawan. Foto: Surya/Riau1.

Kepala Bapenda Alek Kurniawan. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Pekanbaru berhasil mengumpulkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) senilai lebih dari Rp640 miliar. PAD dari sektor pajak ini diperoleh selama periode Januari hingga September.

"Sampai triwulan ketiga, capaian PAD kita sudah Rp640 miliar lebih," kata Kepala Bapenda Pekanbaru Alek Kurniawan, Jumat (4/10/2024).

Secara khusus, pada triwulan ketiga, capaian PAD dari sektor pajak berhasil melampaui target yang telah ditetapkan. Nilai nominalnya hampir sekitar Rp70 miliar.

Empat sektor pajak menjadi penyumbang terbesar PAD tahun ini. Sektor-sektor tersebut meliputi pajak restoran, Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), serta Pajak Penerangan Jalan (PPJ). 

"Capaian dari sektor-sektor ini di atas Rp100 miliar. Sementara itu, capaian pajak hotel mencapai sekitar Rp50 miliar," terangnya.

Dengan tingginya capaian pajak, Alek optimis target PAD sebesar Rp845 miliar yang ditetapkan Pemko Pekanbaru dapat terealisasi hingga akhir Desember mendatang. Pada tiga bulan terakhir ini, Bapenda optimis bisa mencapai target yang ditetapkan.

"Ada sekitar Rp205 miliar lagi yang harus kita capai," tutupnya.

Keberhasilan ini menunjukkan efektivitas strategi dan upaya Bapenda Pekanbaru dalam mengoptimalkan penerimaan pajak. Hal ini juga menjadi bukti nyata kontribusi masyarakat dalam pembangunan kota melalui kepatuhan membayar pajak.