Kunjungan Pasien ke RSD Madani Pekanbaru Meningkat Berkat Program Shuttle Car

18 Oktober 2024
Plt Kepala Dinkes Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut. Foto: Surya/Riau1.

Plt Kepala Dinkes Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Rumah Sakit Daerah (RSD) Madani Pekanbaru yang berlokasi di Jalan Garuda Sakti, Kelurahan Simpang Baru, Kecamatan Binawidya, kini mengalami peningkatan jumlah kunjungan pasien. Peningkatan ini merupakan hasil dari berbagai pembenahan yang dilakukan oleh Pemko Pekanbaru dalam beberapa bulan terakhir.

Salah satu inovasi terbaru yang mendorong peningkatan kunjungan pasien adalah peluncuran program Madani Shuttle Car. Layanan mobil ini guna antar jemput yang diinisiasi oleh Pemko Pekanbaru.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut menjelaskan, pihak rumah sakit menyiapkan dua unit mobil khusus untuk menjemput pasien dari puskesmas yang akan dirujuk ke RSD Madani dalam program ini. Layanan ini diberikan secara gratis kepada pasien yang membutuhkan.

"Dalam program Madani Shuttle Car ini, pasien rujukan dari puskesmas akan difasilitasi dengan mobil antar jemput.  Program ini sudah berjalan dan menunjukkan peningkatan kunjungan pasien ke RSD Madani," ujarnya.

Pada tahap awal, Madani Shuttle Car melayani antar jemput pasien dari enam puskesmas, yaitu Puskesmas Simpang Tiga, Puskesmas Garuda, Puskesmas Payung Sekaki, Puskesmas Sidomulyo Rawat Inap, Puskesmas Sidomulyo Rawat Jalan, dan Puskesmas Simpang Baru. Pasien rujukan dari enam puskesmas terdekat ini disiapkan sarana antar jemput.

"Kami tidak mewajibkan pasien dari enam puskesmas tersebut yang membutuhkan tindakan medis lebih lanjut harus dirujuk ke RSD Madani. Jika pasien ingin dirujuk ke RSD Madani, kami siapkan transportasinya," jelas Ingot.