Kemenpan RB Usulkan ASN di Perbatasan Naik Pangkat Tiap 2 Tahun

Kemenpan RB Usulkan ASN di Perbatasan Naik Pangkat Tiap 2 Tahun

13 September 2023
Menpan RB Abdullah Azwar Anas. Foto: Surya/Riau1.

Menpan RB Abdullah Azwar Anas. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) mengusulkan agar kenaikan pangkat Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bertugas di wilayah perbatasan dipercepat. Tak hanya itu, ASN itu juga akan diberi insentif

Menpan RB Abdullah Azwar Anas di Balai Serindit Gedung Daerah Riau, Pekanbaru, Kamis (7/9/2023), mengatakan, ASN yang ditempatkan di kampung-kampung lebih sedikit dibandingkan di kota. Padahal, formasi ASN telah disiapkan oleh Kemenpan RB. 

Tetapi, ASN ingin pindah ke kota setelah satu tahun ditempatkan di kabupaten. Bahkan, ada ASN yang ini pindah ke pulau Jawa. 

"Berapa pun formasi yang disiapkan negara, pedesaaan terpencil tidak akan pernah cukup tenaga kesehatan (nakes) dan dokter. Formasinya diambil, setahun kemudian pindah ke kota," ucap Azwar. 

Oleh karena itu, revisi Undang-Undang ASN sedang dipersiapkan. Mudah-mudahan, revisi UU ASN selesai bulan ini. 

"Nanti, kami tidak hanya menerima formasi ASN dari pemerintah daerah. Tetapi, pemerintah pusat bisa mendistribusikan ASN ke daerah-daerah yang kosong," ujar Azwar. 

Imbalannya, ASN akan diberi insentif. Kenaikan pangkat ASN dipercepat setiap tiga tahun. 

"ASN yang bertugas di wilayah perbatasan, kami usulkan naik pangkat setiap dua tahun. Sehingga, ASN nakes dan dokter termotivasi mau bertugas di wilayah terpencil," tutur Azwar.