Kawasan Kota Tua Senapelan Pekanbaru Siap Dikembangkan

Kawasan Kota Tua Senapelan Pekanbaru Siap Dikembangkan

14 Agustus 2024
Sekdako Pekanbaru Indra Pomi Nasution. Foto: Surya/Riau1.

Sekdako Pekanbaru Indra Pomi Nasution. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Kawasan Kota Tua di Kecamatan Senapelan, Kota Pekanbaru, menjadi sorotan baru dalam rencana besar pengembangan infrastruktur wilayah. Kawasan bersejarah ini masuk dalam agenda strategis Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), yang akan menjadikannya sebagai salah satu titik utama pengembangan kota.

Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution, Rabu (14/8/2024), mengatakan, ada fokus khusus pada pengembangan infrastruktur pada tahun ini. Kota Tua Senapelan sebagai salah satu prioritas agenda tersebut.

"Pengembangan ini akan mencakup wilayah yang luas, mulai dari Pasar Bawah hingga Kampung Bandar dan pinggiran Sungai Siak. Kami sangat mendukung rencana ini, terutama karena di kawasan tersebut terdapat banyak cagar budaya penting seperti Masjid Raya Senapelan, Kompleks Makam Marhum Pekan, dan Rumah Singgah Tuan Kadi," ucapnya.

Rencana pengembangan ini tidak hanya bertujuan untuk mempertahankan warisan budaya. Tetapi, rencana ini guna tetapi menciptakan nuansa kota tua yang kental dengan identitas Melayu.

Diharapkan, Kecamatan Senapelan dapat menjadi destinasi wisata yang menarik. Sehingga, wisatawan dapat tertarik untuk menjelajahi akar sejarah Pekanbaru.