Jumlah Wisatawan ke Pekanbaru Capai 1,4 Juta Orang hingga Agustus Lalu

24 September 2024
Kepala Disbudpar Pekanbaru Masriyah. Foto: Surya/Riau1.

Kepala Disbudpar Pekanbaru Masriyah. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Jumlah kunjungan wisatawan di Kota Pekanbaru menunjukkan angka yang signifikan. Hingga bulan Agustus, tercatat sebanyak 1.461.206 wisatawan, baik dari dalam negeri maupun mancanegara, mengunjungi kota ini. 

Data ini disampaikan oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Pekanbaru, Masriyah, Selasa (24/9/2024).

"Jumlah kunjungan wisatawan di Kota Pekanbaru pada tahun ini mencapai 1.461.206 orang. Rinciannya, wisatawan nusantara berjumlah 1.460.988 orang," katanya.

Sementara, wisatawan mancanegara sebanyak 218 orang. Angka ini terhitung Januari hingga bulan Agustus.

Melihat tingginya angka kunjungan tersebut, Masriyah mengajak seluruh pihak terkait untuk terus berinovasi guna meningkatkan daya tarik Kota Pekanbaru. Diharapkan, seluruh pemangku kepentingan di bidang kepariwisataan untuk terus berinovasi dalam menambah daya tarik kota dan memanjakan pengunjung di Kota Pekanbaru, seperti melalui peningkatan transportasi, akomodasi, penyelenggaraan acara, destinasi wisata, dan lain sebagainya.

Sebelumnya, Sekretaris Disbudpar Pekanbaru Ardiansyah Eka Putra juga menyoroti pentingnya tingkat hunian hotel sebagai indikator meningkatnya kunjungan wisatawan. Disbudpar mengacu kepada tingkat hunian hotel.

"Karena yang disebut wisatawan adalah orang yang datang ke Pekanbaru dan menginap di sini. Jadi, acuan kami adalah tingkat hunian," jelasnya.