Imunisasi Polio Gelombang Pertama di Pekanbaru Capai 45 Persen

Imunisasi Polio Gelombang Pertama di Pekanbaru Capai 45 Persen

31 Juli 2024
Anak balita di Pekanbaru menerima tetesan vaksin Polio pekan lalu. Foto: Istimewa.

Anak balita di Pekanbaru menerima tetesan vaksin Polio pekan lalu. Foto: Istimewa.

RIAU1.COM -Upaya pemberian vaksin polio bagi anak-anak akan terus berlanjut di Kota Pekanbaru. Gelombang pertama Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio pada 23-29 Juli 2024, capaian baru sekitar 45 persen dari target 145.754 anak.

Kini, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pekanbaru bekerja sama dengan tenaga kesehatan melakukan pendekatan proaktif dengan mendatangi rumah-rumah warga yang anak-anaknya belum menerima vaksin Polio. Tidak hanya itu, petugas juga menyasar sekolah-sekolah, mulai dari tingkat PAUD, TK, hingga sekolah dasar (SD).

"Kami mendatangi langsung anak-anak yang belum vaksin dan yang berhalangan atau sakit saat pelaksanaan PIN Polio tahap pertama," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinkes Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut, Rabu (31/7/2024).

Imunisasi Polio lanjutan ini akan berlangsung selama lima hari, 30 Juli-3 Agustus. Selama lima hari ini, petugas Dinkes akan melakukan imunisasi secara mobile.

Sementara itu, Plt Sekretaris Dinkes Pekanbaru Dokter Fira Septiyanti mengajak warga untuk memanfaatkan fasilitas kesehatan terdekat bagi anak-anak yang belum divaksin. Warga juga bisa membawa anaknya ke pos PIN untuk divaksin pada PIN Polio gelombang kedua yang dimulai dari pada 6-12 Agustus.

Pada pelaksanaan PIN Polio gelombang pertama, sebanyak 67.205 anak telah divaksin, sekitar 45 persen dari target pemerintah pusat. Dengan upaya jemput bola ini diharapkan capaian imunisasi bisa meningkat dan semakin banyak anak terlindungi dari Polio.