Hasil Survei Trust di Pekanbaru, Kinerja Risnandar Lebih Baik Setelah 4 Bulan Jabat Pj Wali Kota

25 September 2024
Direktur Trust Indonesia Ahmad Fadli memaparkan hasil survei kinerja Pj Wali Kota Pekanbaru Risnandar Mahiwa di Hotel The Zuri, Rabu (25/9/2024). Foto: Surya/Riau1.

Direktur Trust Indonesia Ahmad Fadli memaparkan hasil survei kinerja Pj Wali Kota Pekanbaru Risnandar Mahiwa di Hotel The Zuri, Rabu (25/9/2024). Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Trust Indonesia, lembaga survei nasional, melakukan survei terhadap kinerja Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Risnandar Mahiwa. Hasilnya, kinerja Risnandar sangat baik meski menjabat Pj wali kota sejak empat bulan lalu.

Direktur Trust Indonesia Ahmad Fadli di Hotel The Zuri, Rabu (25/9/2024), memaparkan hasil survei terbaru mengenai kinerja Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Risnandar Mahiwa. Dalam survei yang dilakukan pada bulan September, kinerja Risnandar tercatat mengalami peningkatan signifikan dari 61,5% menjadi 77,5%. 

"Peningkatan ini mencerminkan kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan Pj wali kota sebelumnya," katanya.

Menurut Ahmad Fadli, tingkat kepuasan publik secara keseluruhan terhadap Pj Wali Kota Risnandar Mahiwa mencapai 80%. Peningkatan ini terutama terlihat dalam beberapa sektor utama, seperti pendidikan berkualitas dan pelayanan kesehatan. Kedua sektor ini menunjukkan persentase kepuasan tertinggi dari masyarakat Pekanbaru.

"Jika kita lihat yang paling tinggi adalah terkait dengan masalah pendidikan berkualitas dan pelayanan kesehatan. Meski tidak menggunakan anggaran besar, namun dari sisi kebijakan, responsibilitasnya lebih cepat," ujar Ahmad Fadli.

Faktor lain yang turut mendongkrak kinerja Pj Wali Kota Risnandar adalah pemerataan pembangunan, peningkatan kesehatan, pengentasan kemiskinan, serta penyediaan lapangan pekerjaan. Program-program ini, meski membutuhkan biaya yang cukup besar, telah dijalankan dengan baik oleh Pj Wali Kota Risnandar.

Dalam kategori pembangunan keagamaan, kinerja Risnandar mencapai 77,4%, sementara untuk pembangunan perusahaan dan kebudayaan, persentasenya mencapai 69,4%. Ahmad Fadly menekankan bahwa kebijakan yang tepat dan cepat dari Pj Wali Kota Risnandar menjadi kunci utama dalam meningkatkan kepuasan publik.

"Kinerja Pj wali kota hari ini menunjukkan bahwa kebijakan yang tepat dan cepat sangat berpengaruh dalam meningkatkan kepuasan publik. Peningkatan ini tidak lepas dari kerja keras dan dedikasi Pj Wali Kota Risnandar dalam menjalankan tugasnya," tambahnya.

Survei dilakukan secara langsung (offline) dalam rentang waktu 4 hari yaitu pada tanggal 7-10 September 2024. Populasi survei ini adalah Warga Negara Indonesia (WNI) yang berdomisili pada 15 Kecamatan di Kota Pekanbaru dan berusia 17 tahun ke atas (memiliki KTP setempat) atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

Jumlah responden survei ini sebanyak 1.200 responden yang diambil secara bertahap dalam dua tingkatan (by name, by address). Pengambilan sampel menggunakan metode multistage sampling dengan toleransi kesalahan (margin of error) sebesar ± 2,83% pada tingkat kepercayaan 95%. 

Setiap responden yang terpilih dilakukan interview oleh surveyor terlatih dengan metode face to face oleh surveyor profesional. Quality Control I dilakukan sebanyak 100% dari total jumlah sampel, dengan cara mendokumentasian setiap responden yang diwawancarai menggunakan aplikasi time stamp camera yang berbasis GPS (on going checking). 

Quality Control II dilakukan sebanyak 20% dari total jumlah sampel secara acak (random). Cara ini mendatangi kembali responden terpilih dan mengkonfirmasi ulang responden terpilih (hot spot checking).

Dengan hasil survei ini, diharapkan kinerja Pj Wali Kota Pekanbaru Risnandar terus meningkat. Sehingga, peningkatan kinerja ini mampu memberikan dampak positif yang lebih besar bagi masyarakat.