DPKP Pekanbaru Evakuasi Ular Tiap Pekan Bulan Ini

DPKP Pekanbaru Evakuasi Ular Tiap Pekan Bulan Ini

25 November 2023
Kepala DPKP Pekanbaru Burhan Gurning. Foto: Surya/Riau1.

Kepala DPKP Pekanbaru Burhan Gurning. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Pekanbaru mengevakuasi ular dari pemukiman warga maupun sarana publik selama musim hujan ini.  Evakuasi ular terakhir dilakukan di rumah warga, Kelurahan Rintis, Kecamatan Limapuluh, pada 21 November 2023.

"Selama musim hujan di November ini, kami mengevakuasi ular hampir setiap pekan. Kami mengimbau warga agar waspada karena ular sering mencoba masuk ke dalam rumah," kata Kepala DPKP Pekanbaru Burhan Gurning, Sabtu (25/11/2023).

Berdasarkan informasi yang dihimpun, ada sejumlah alasan mengapa ular masuk ke rumah saat musim hujan. Tumpukan barang yang merupakan salah satu tempat favorit ular. Karena, ular senang dengan kondisi gelap dan lembab, terlebih di sudut-sudut ruangan.

Jarang membersihkan rumah sehingga menjadi tempat yang cocok bagi sarang ular. Ular sensitif dengan aroma menyengat. Membersihkan rumah dan memberikan aroma wangi akan mencegah ular masuk.

Ada sumber makanan seperti tikus. Jika ular mendeteksi keberadaan mangsanya, tentu akan mencoba berburu makanan di lokasi tersebut.

Salah satu alasan ular masuk ke rumah adalah tersedianya akses masuk dari habitat ular ke rumah. Akses tersebut bisa melalui saluran air atau celah-celah yang ada di rumah.