DLHK Kota Pekanbaru Siapkan Opsi Pengelolaan Sampah untuk Tahun Depan

DLHK Kota Pekanbaru Siapkan Opsi Pengelolaan Sampah untuk Tahun Depan

1 September 2024
Plt Kepala DLHK Pekanbaru Reza Fahlevi. Foto: Surya/Riau1.

Plt Kepala DLHK Pekanbaru Reza Fahlevi. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru telah mempersiapkan sejumlah opsi strategis untuk pengelolaan sampah pada tahun 2025. DLHK telah menyusun beberapa alternatif untuk memastikan pengelolaan sampah yang lebih efektif di tahun mendatang.

"Salah satu opsi yang tengah dipertimbangkan adalah pengelolaan sampah oleh pihak ketiga atau swasta. Ini sebuah pendekatan yang telah diterapkan untuk pengangkutan sampah pada tahun ini," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala DLHK Pekanbaru Reza Fahlevi, Minggu (1/9/2024).

Pendekatan ini memungkinkan DLHK untuk bekerja sama dengan perusahaan swasta dalam mengoptimalkan pengelolaan sampah di wilayah kota. Selain itu, DLHK juga mempertimbangkan pengelolaan sampah yang dilaksanakan langsung oleh kecamatan. 

Opsi ini diharapkan dapat memperkuat peran kecamatan dalam menjaga kebersihan lingkungan setempat. Alternatif lain yang tengah dikaji adalah pengelolaan sampah melalui Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), yang memungkinkan pengelolaan sampah dilakukan dengan model pelayanan publik yang lebih fleksibel dan efisien.

DLHK siap menerima arahan dari pimpinan terkait opsi mana yang akan dipilih untuk diterapkan. Saat ini, DLHK telah melakukan berbagai persiapan untuk memastikan bahwa pengelolaan sampah di tahun depan berjalan sesuai rencana.

"Kami sedang mempersiapkan segala sesuatunya dan menunggu arahan pimpinan terkait pola pengelolaan terbaik yang akan diterapkan," ujar Reza.

DLHK masih melakukan kajian mendalam terhadap seluruh opsi yang ada. Proses persiapan ini memerlukan waktu. Namun, kajian terhadap opsi-opsi tersebut telah dimulai sejak awal.

"Sejak awal, kami sudah melakukan kajian terhadap opsi-opsi tersebut," tutupnya.