DLHK Kota Pekanbaru Apresiasi Aksi Peduli Lingkungan di Pesantren Nurul Huda Al Islami

DLHK Kota Pekanbaru Apresiasi Aksi Peduli Lingkungan di Pesantren Nurul Huda Al Islami

1 September 2024
Aksi Peduli Lingkungan yang digelar di Pesantren Nurul Huda Al Islami, Jalan Handayani pada 30 Agustus 2024. Foto: Istimewa.

Aksi Peduli Lingkungan yang digelar di Pesantren Nurul Huda Al Islami, Jalan Handayani pada 30 Agustus 2024. Foto: Istimewa.

RIAU1.COM -Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru memberikan apresiasi tinggi terhadap Aksi Peduli Lingkungan yang digelar di Pesantren Nurul Huda Al Islami, Jalan Handayani pada 30 Agustus 2024. Kegiatan ini melibatkan pengelolaan sampah dan penanaman pohon sebagai bagian dari upaya bersama menjaga kelestarian lingkungan.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala DLHK Kota Pekanbaru Reza Fahlevi, Minggu (1/9/2024), menyampaikan rasa bangganya atas inisiatif ini. Ia sangat mengapresiasi aksi peduli lingkungan ini. 

"Aksi tersebut tidak hanya melibatkan penanaman pohon di area pesantren. Tetapi aksi itu juga memberikan edukasi kepada santri tentang cara mengelola sampah hingga mengolahnya menjadi barang yang bermanfaat," ujarnya.

Kegiatan ini menjadi langkah konkret dalam mengajak pengelola pesantren serta santri untuk turut serta dalam pengelolaan sampah dan penanaman pohon di lingkungan pesantren. Diharapkan, semakin banyak pihak yang terlibat dalam aksi serupa, terutama dalam memanfaatkan sampah plastik yang memiliki dampak ekonomi positif.

Manajer PLN UP2D Riau Andi Setiawan, turut hadir dalam kegiatan itu, menjelaskan bahwa PLN memiliki program pelestarian lingkungan yang berfokus pada pengelolaan sampah. Program ini merupakan hasil kolaborasi antara PLN UP2D Riau, Dalang Collection, dan Masyarakat Pelestari Lingkungan (Mapel). 

"Dalam aksi ini, kami membagikan seratus bibit pohon produktif, seperti durian dan matoa, kepada sepuluh pondok pesantren di Pekanbaru untuk ditanam di lingkungan pesantren. Selain itu, kegiatan ini juga diisi dengan diskusi mengenai pengelolaan sampah di lingkungan pesantren bersama Dalang Collection," ungkapnya.

Pengelola Dalang Collection Sofia Seffen berbagi pengalaman dalam mengelola dan mengolah sampah plastik, serta mengajak para santri untuk membuat eco brick. Eco brick adalah batu bata ramah lingkungan yang terbuat dari botol bekas dan kemasan plastik.