Distankan Pekanbaru Punya Aplikasi Sipuan Penari, Berisi Data Pertanian dan Perikanan

Distankan Pekanbaru Punya Aplikasi Sipuan Penari, Berisi Data Pertanian dan Perikanan

9 November 2022
Kepala Distankan Pekanbaru M Firdaus. Foto: Surya/Riau1.

Kepala Distankan Pekanbaru M Firdaus. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Pekanbaru telah memiliki aplikasi Sistem Integrasi Pembangunan Pertanian Perkebunan Peternakan dan Perikanan (Sipuan Penari). Aplikasi ini berisi data seputar pertanian dan perikanan. 

"Hari ini, kami meluncurkan aplikasi yang telah dibuat dinamakan Sipuan Penari. Aplikasi ini memuat data kondisi pertanian, perkebunan, peternakan, dan perikanan berupa foto kondisi lahan, foto kondisi pengembangan lahan, dan data statistik yang dihubungkan dengan peta," kata Kepala Distankan Pekanbaru Muhammad Firdaus, Rabu (9/11/2022).

Dengan peta ini dapat diketahui pembangunan pertanian serta potensinya. Saat peta dibuka, maka akan terlihat lokasi perkebunan jagung, perkebunan durian, kolam ikan, dan peternakan. 

"Semuanya terangkum dalam peta itu. Di beranda aplikasi ini terdapat jumlah kelompok tani dan kelompok usaha bersama (KUB)," ungkap Firdaus. 

Saat ini, wilayah Kecamatan Rumbai sangat berpotensi ditanam tanaman pangan dan holtikultura serta peternakan. Wilayah yang paling dominan untuk sektor perikanan adalah Kecamatan Rumbai Barat adalah Perikanan. Sedangkan Kecamatan Rumbai Timur, lahan terbanyak berupa tanaman pangan dan perkebunan.