Dishub Pekanbaru Siapkan Trayek Baru Bus TMP untuk Tingkatkan Layanan Transportasi ke Kampar

24 September 2024
Kepala Dishub Pekanbaru Yuliarso. Foto: Surya/Riau1.

Kepala Dishub Pekanbaru Yuliarso. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Dinas Perhubungan (Dishub) mengumumkan rencana peluncuran trayek baru bus Trans Metro Pekanbaru (TMP) yang menghubungkan Pekanbaru hingga Desa Danau Bingkuang, Kabupaten Kampar. Inisiatif ini bertujuan untuk meningkatkan layanan transportasi bagi masyarakat di wilayah Kecamatan Tambang dan sekitarnya.

"Trayek ini akan memberikan pelayanan kepada masyarakat di daerah yang kini mengalami pertumbuhan permukiman baru. Masyarakat di sana, yang umumnya tinggal di rumah sederhana dan kompleks perumahan, memerlukan akses transportasi umum yang lebih baik," kata Kepala Dishub Pekanbaru Yuliarso, Selasa (24/9/2024).

Dalam rangka mewujudkan layanan ini, Dishub telah menjalin kerja sama melalui nota kesepahaman (MoU) antara Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Risnandar Mahiwa dan Penjabat Bupati Kampar Hambali. Dengan adanya kerja sama ini, Pemkab Kampar akan menyubsidi dana untuk armada transportasi.

"Kami yang mengelola layanan akan dilakukan oleh Dishub Pemko Pekanbaru," tambahnya.

Yuliarso memastikan bahwa biaya ongkos perjalanan akan tetap terjangkau. Ongkos layanan akan tetap sama, yaitu sekitar Rp4.000 per tiket. 

"Subsidi ini akan dibayar oleh Pemkab Kampar," ujarnya.

Selain trayek menuju Kampar, Dishub Pekanbaru juga berencana untuk menjalin kerja sama dengan wilayah yang masuk aglomerasi Pekanbaru, Siak, Kampar, dan Pelalawan (Pekansikawan). Dishub sedang menunggu kesiapan dari Pemkab Pelalawan.

"Kami akan membuka rute dari Rumbai ke Minas. Kemudian rute dari Kulim ke Simpang Beringin," ucap Yuliarso.

Dengan armada yang telah disiapkan, Dishub Pekanbaru optimis dapat segera menjalankan trayek baru ini untuk memenuhi kebutuhan transportasi masyarakat dan meningkatkan konektivitas antar daerah. Inisiatif ini diharapkan dapat mendukung pertumbuhan ekonomi dan mobilitas penduduk di kawasan tersebut.